bolaHeadline

Sudah Sebulan Lebih Gaji ASN Pemprov Sumbar Nunggak

×

Sudah Sebulan Lebih Gaji ASN Pemprov Sumbar Nunggak

Sebarkan artikel ini
Kantor Gubernur Sumbar (ist)

PADANG – Gaji pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah hampir satu bulan menunggak. Telatnya pembayaran gaji terebut diduga karena salah input dalam penganggaran gaji.

“Ini sudah tanggal 50, gaji belum juga dibayar,”sebut salah seorang PNS di lingkungan Pemprov Sumbar pada Singgalang, Selasa (28/11).

Maksudnya, Oktober 2023 sudah lewat. Ditambah lagi November 2023 yang sudah berjalan pula 20 hari. “Tidak hanya gaji, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) juga belum dibayar,”tambahnya.

Diketahui, bagi PNS di lingkungan pemerintah TPP adalah satu satu pendapatan. Apalagi jika SK pegawainya sudah tergadai pula.

Informasi yang diterima Singgalang, ada 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang gajinya telat dibayar. OPD tersebut diantaranya, Dinas Pariwisata Sumbar, Bappeda, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Tata Ruang dan Pemukiman.

Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi dihubungi mengakui ada keterlambatan pembayaran gaji pegawai. Alasannya, adalah salah input pada Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) untuk alokasi anggaran gaji.

“Benar, saya salah satu termasuk yang terlambat gaji,”katanya.