Tak Berkategori  

Suhu Udara di Sumbar Bisa Capai 34 Celcius Selama Ramadhan

Dampak gelombang pnas di India (bbci.co.uk)
Dampak gelombang pnas di India (bbci.co.uk)

PADANG – Selama Ramadhan, cuaca diprediksi cukup panas di Sumbar. Suhu tertinggi akan mencapai 34 derajat celcius. Angka itu diperkirakan berlanjut hingga akhir Juni 2015.

Tingginya temperatur suhu tersebut tidak akan sama dengan kondisi di India yang mencapai 47 derajat menyebabkan 1500 nyawa melayang.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ketaping Padang, Budi Samiaji mengatakan, sepanjang Juni, Kota Padang serta sejumlah Kabupaten/kota lainnya secara dilanda musim kekeringan. Sehingga cuaca panas terasa sangat menyengat.

“Intensitas turun hujan lebih sedikit, karena memasuki musim kering. Akibatnya cuaca terasa panas, apalagi bagi masyarakat yang berada di jalanan aspal. Kondisi ini akan terjadi selama Juni, sehingga Ramadhan tahun ini memang akan terasa berat,” terangnya.

Rata-rata suhu udara setiap harinya mencapai 30 sampai 32 derajat celcius. Namun pada puncak cuaca panas nantinya, kemungkinan bisa meningkat mencapai 34 derajat celcius.

Akan tetapi menurut Budi kondisi tersebut masih masuk dalam kondisi normal. Karena hampir seluruh daerah di Indonesia memang mengalami musim kemarau. Tapi, ada peluang hujan akan turun pada pertengahan bulan Juni ini. (yose)