Tak Berkategori  

Sumbar Dapat Tambahan Vaksin, Obat dan Konsentrator Oksigen

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi saat menjawab telfon dari presiden RI Joko Widodo.(ist)

PADANG – Permintaan tambahan vaksin Covid-19 yang telah disampaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya mendapat jawaban. Sumbar mendapatkan tambahan vaksin, termasuk obat-obatan dan konsentrator oksigen.

Khusus untuk bantuan konsentrator dan obat-obatan akan datang dalam 1 atau 2 hari ini. Sedangkan Vaksin baru akan sampai dalam sepekan kedepan.

Kabar gembira itu diterima Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kamis (5/7/2021) sore jam 15.20 WIB melalui telepon langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Tadi saya ditelepon dan berbicara langsung dengan Bapak Presiden Joko Widodo. Beliau menanyakan bagaimana penanganan Covid di Sumbar. Saya sampaikan memang ada peningkatan seiring dengan peningkatan tracing yang kita lakukan. Dan penanggulangan di rumah sakit sudah dilakukan secara berjenjang, karena koordinasi antar rumah sakit juga sudah berjalan cukup baik, termasuk juga kita melakukan penambahan tempat tidur. Permasalahan oksigen cukup berat kita hadapi, obat dan juga tambahan vaksin,” ungkap gubernur menyampaikan pembicaraannya dengan presiden.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden berkomitmen akan membantu sumbar 100 konsentrator oksigen, obat-obatan yg akan dikirimkan dalam 1 2 hari ini. Juga akan dikirim tambahan vaksin untuk Sumbar dalam satu pekan kedepan,” sambung Mahyeldi.

Terkait jenis obat-obatan maupun jenis dan jumlah vaksin yang akan diberikan kepada Sumbar, Buya Mahyeldi tidak menyebutkannya secara rinci. Gubernur berharap, dengan adanya bantuan dari pusat tersebut, upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 di Sumbar akan lebih baik lagi, terutama pelayanan di rumah sakit rujukan Covid-19.

“Atas bantuan ini kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berterimakasih pada Bapak Presiden Joko Widodo. Bantuan ini kalau ibarat kata orang Minang akan jadi “sitawa sidingin, kesejukan untuk Sumbar ditengah kehausan dan kebutuhan kita. Semoga ini juga akan jadi kesejukan bagi tenaga kesehatan kita dan untuk masyarakat Sumbar tentunya,” ujar Buya Mahyeldi.(yose)