oleh

Surat Suara Tanah Datar Nyasar ke Kampar

BATUSANGKAR – Surat suara yang ditemukan tercecer di bawah jembatan di Kabupaten Kampar Riau,diduga milik KPU Tanah Datar.

Menurut Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan, Senin (15/4),  surat suara yang menyasar tersebut merupakan kekurangan surat suara di KPU Tanah Datar yang dikirimkan percetakan pada 9 April lalu.

Katanya, pengiriman ini melalui ekspedisi oleh percetakan, tetapi yang diterima KPU Tanah Datar hanya sebanyak 5 jenis surat suara dari 8 jenis surat suara yang kurang dimana tiga jenis lagi tidak diterima.

Diutarakan Handam, informasi dari Bawaslu Sumbar diketahui ada tiga jenis surat suara yang telah diamankan oleh Bawaslu Kampar. Setelah dicocokan dengan surat jalan dan berita acara KPU, Bawaslu menduga kuat jika surat suara yang tercecer tersebut merupakan milik KPU Tanah Datar.

Ia hanya menduga surat suara itu nyasar ke truk lain, dimana penyelidikan dan investigasi dikakukan Bawaslu Kampar sebagai kewenangannya.

Kemudian, lanjutnya, KPU Tanah Datar menyampaikan kekurangan surat suara pada KPU RI melalui KPU Provinsi pada 20 Maret karena tidak juga kunjung tiba KPU Tanah Datar, makanya kembali melaporkan kekurangan surat suara tersebut pada 9 April KPU Tanah Datar menerima kekurangannya. (yusnaldi)

News Feed