Survei LSI: PDIP Juara 1, Gerindra Runner-Up, Golkar Peringkat 3 di Pemilu 2019

Bendera Parpol (net)

JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi memenangkan kontestasi Pileg 2019. Partai Gerindra dan Golkar menyusul diperingkat kedua dan tiga. Demikian hasil survei dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terhadap tingkat keterpilihan partai.

Berdasarkan hasil survei dilakukan LSI Denny JA di 10 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung dan Sulawesi Selatan, pada 4–10 Oktober 2018, PDIP unggul di 5 provinsi.

“PDIP menang di Jawa Tengah, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Selatan,” kata peneliti dari LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di Kantor LSI, Jakarta Timur, Jumat (2/11).

Sementara di posisi kedua ditempati oleh Partai Gerindra. Parpol besutan Prabowo Subianto itu memenangi tiga daerah dari 10 provinsi, di antaranya adalah Jawa Barat, Banten, dan Riau. “Gerindra pun berpotensi menjadi peraih suara terbanyak kedua di Pileg 2019,” imbuh dia.

Selanjutnya, parpol yang menduduki peringkat ketiga adalah Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin itu keluar menjadi pemenang di daerah yang bisa dibilang merupakan kandang si kuning, yaitu Sulawesi Selatan.

“PKB pun bersaing dengan Partai Golkar untuk masuk menjadi tiga besar parpol. Namun, PKB hanya unggul tipis dari PDIP di Jawa Timur. Sementara di provinsi lain tidak masuk dalam tiga besar,” pungkasnya dikutip dari okezone.

Survei sendiri dilakukan pada 4–10 Oktober 2018 melalui face to face dan interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 6000 responden dan margin of error sekira 4,1 persen. (aci)

Loading...