Tak Berkategori  

Survei Populi Center: Sandiaga Uno Cawapres Terpopuler

Sandiaga Uno. (ist)

JAKARTA – Nama Sandiaga Salahuddin Uno, yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024, dalam Survei Populi Center yang dipublikasikan pada Minggu 24 April 2022.

Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan mengungkapkan, pihaknya memberikan pertanyaan terbuka dengan pertanyaan jika pemilihan Presiden diadakan hari ini, siapakah tokoh yang akan anda pilih sebagai Wakil Presiden. Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menempati posisi pertama dengan elektabilitas tertinggi sebesar 16,6 persen.

Di posisi kedua ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan angka 8,6 persen. Lalu, ada nama Menteri BUMN Erick Thohir di posisi ketiga dengan angka 5,8 persen.

Di posisi keempat dan kelima, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat dengan angka masing-masing 5,0 persen.

Di posisi keenam ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 3,8 persen serta Prabowo Subianto di urutan ketujuh dengan angka 3,7 persen.Sedangkan di posisi ke delapan ada nama Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama di posisi kesembilan dengan angka 3,6 persen. Untuk nama lainnya elektabilitas sebagai Wapres cukup rendah dengan angka di bawah 3 persen.

Namun, ada sebanyak 29,1 persen responden masuk kategori memberikan jawaban tidak tahu atau tidak jawab.

Perlu diketahui, Populi Center yang merupakan lembaga penelitian kebijakan dan opini publik yang bersifat non-profit, melaksanakan survei nasional tatap muka pada tanggal 21 hingga 29 Maret 2022. Total ada 1.200 responden tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Indonesia dengan menggunakan metode acak bertingkat serta memiliki margin of error ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pihak Populi Center menggunakan aplikasi survei Populi Center oleh enumerator yang telah terlatih. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal. (okezone)

artikel asli: