Tak Berkategori  

Suryadharma: Dakwaan Jaksa Hanya Cerita Jauh dari Kebenaran

Suryadharma Ali di Pengadilan Tipikor Jakarta (antara foto)
Suryadharma Ali di Pengadilan Tipikor Jakarta (antara foto)

JAKARTA – Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali menilai, materi dakwaan jaksa penuntut umum KPK di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) hanya cerita yang jauh dari kebenaran.

“JPU memperoleh informasi berdasarkan penyidikan atas saksi-saksi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Atas dasar kesaksian itu JPU KPK merangkai cerita yang sangat jauh dari kebenarannya,” kata Suryadharma seusai JPU membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (31/8).

Secara bahasa mengerti, tapi secara substansi tidak, sebab tidak melakukan apa yang didakwakan.

“Nama-nama yang disebutkan memperoleh keuntungan dari saya selaku terdakwa, sekitar 98-99 persen saya tidak kenal jadi apa kepentingan saya memberikan keuntungan kepada mereka?” ungkap Suryadharma.

Ia juga mengaku bahwa hubungannya dengan anggota Komisi VIII DPR tidak baik sejak menjabat menjadi Menag pada 2009 hingga 2014, sehingga tidak mungkin melakukan apa yang didakwakan.

“Hubungan saya dengan Komisi VIII sangat buruk sejak saya menjadi Menag sampai 2014. Hubungan yang buruk itu mengakibatkan penyelesaian penetapan, pengesahan biaya pemeliharanaan ibadah haji terkatung-katung,” ungkapnya.

Karena terkatung-katung, ia pun melaporkannya ke forum partai koalisi saat itu.

“Saya melaporkan ke forum rapat partai koalisi pemerintah di bawah kepemimpinan ketua Dewan Pembina Demokrat Dr Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, hadir Ketum Demokrat Anas Urbaningrum, Ketum PAN Hatta Rajasa, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Presiden PKS Luthfi Hasan, itu saya laporkan dan saya juga melaporkan kepada Ketua DPR RI Marzuki Alie beserta seluruh wakil ketua mengenai hambatan-hambatan yang saya alami, tidak mungkin saya lakukan pertukaran antara saya sebagai Menag dan Komisi VIII,” tambahnya. (*/aci)

sumber:antara