Tak Berkategori  

Tahan Imbang Tuan Rumah, Patriot Medan Juarai Piala PSP Padang U-16

Skuat SSB Patriot Medan (rahmat zikri)
Skuat SSB Patriot Medan (rahmat zikri)

PADANG – Skuat SSB Patriot Medan tampil sebagai juara Piala PSP Padang U-16 2016. Walau bermain imbang 1-1 di partai terakhir menghadapi tim tuan rumah di Stadion Agus Salim, Padang, Rabu (21/12), anak asuh Hendri Dinal itu unggul selisih gol atas pasukan Satria Ferri.

Duel yang dipimpin wasit Arif Johan berlangsung dalam tempo tinggi. Tuan rumah unggul lebih dulu di menit 25 melalui sepakan bebas Dion Rizki di luar kotak penalti. Sepakan kaki Dion menembus pagar hidup pemain Patriot Medan dan meluncur ke tiang sisi kanan gawang yang dikawal Reza Pratama Tanjung.

Tertinggal satu gol ternyata tak membuat anak-anak Medan itu tidak gentar. Permainan cepat dengan strategi serangan balik diperagakan Ragil Kurniawan cs. Dua menit jelang 45 menit waktu normal berakhir, Sandi Kelana membuat skor imbang 1-1. Gol peyeimbang Patriot Medan itu dari titik putih akibat Jumara Arsad melanggar pemain Patrot Medan dalam kotak terlarang.

Wasit Arif Johan menunjuk titik putih dan eksekusi Sandi Kelana menjebol jala gawang Iqbal Akbar Arzul. Hingga turun menium skor 1-1 itu pun bertahan.

Di babak kedua, strategi Satria Ferri sedikit berubah. Dia meminta anak didiknya bermain sabar dan memainkan bola dari kaki ke kaki. Hanya saja taktik itu tidak berlangsung lama. Kesalahan elementer sering pula terjadi. Alhasil, rancangan serangan dari lini tengah mentah di garis 16 lawan.

Melihat situasi itu, Satria Ferri pun melakukan pergantian pemainnya. Sayang, upaya memasukkan pemain yang lebih segar itu pun belum berhasil. Malah sebaliknya, menyisakan waktu normal sekitar tiga menit babak kedua gawang Iqbal Akbar Arzul hampir saja dibobol untuk kedua kalinya. Beruntung posisi Iqbal Akbar Arzul tepat kala sepakan keras pemain Patriot dalam kotak penalti mampu di tepis Iqbal.

Hingga wasit Arif Johan asal Padang Panjang meniup panjang peluit papan skor 1-1 tidak berubah. Alhasil, SSB Patriot Medan yang pada Mei silam itu juga kampiun di turnamen Askot PSSI Medan memperebutkan Piala Walikota Medan itu memboyong Piala Ketua Umum PSP ke Medan serta hadiah sebesar Rp15 juta.

Sedangkan Akademi PSP harus puas di posisi runner up membawa piala plus hadiah Rp10 juta sementara Nabil FC, Pelalawan, Riau harus puas di posisi ketiga membawa piala plus uang pembinaan Rp5 juta.

Tampilnya Patriot Medan juara setelah di laga sebelumnya mencukur Nabil FC, Pelalawan, Riau dengan skor 11-0 sedangkan Akademi PSP versus Nabil FC berakhir 9-1. (dede/rahmat)