Tahun Ini, 2.500 Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat saat diseminasi informasi yang digelar Dinaskominfo Kota Padang di Media Center Balaikota Aia Pacah, Rabu (6/10). (Syawaldi)

PADANG – Pemko Padang menargetkan sebanyak 2.500 hewan peliharaan di Kota Padang tahun ini telah divaksin rabies. Hingga saat ini, pencapaian vaksinasi hampir 60 persen.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat saat diseminasi informasi yang digelar Dinaskominfo Kota Padang di Media Center Balaikota Aia Pacah, Rabu (6/10).

Disebutkannya, Pemko Padang menargetkan Padang bebas rabies sehingga vaksinasi rabies gratis digenjot. Sosialisasi rabies ini difokuskan pada tiga kecamatan di Kota Padang yakni Kecamatan Padang Timur, Kecamatan Padang Utara dan Kecamatan Padang Barat.

Dalam sosialisasi tersebut, masyarakat diberikan pengetahuan tentang bagaimana mereka bisa mengantisipasi rabies dan menangani seseorang yang digigit hewan rabies.

Saat sosialisasi itu diundang unsur Puskesmas, kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga jika kasus rabies terjadi di daerah itu, maka masyarakat dapat menanganinya dengan cepat.

“Setelah sosialisasi itu, kita buat grup yang berisikan unsur Puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kelurahan dan Dinas Pertanian sendiri. Nanti kalau ada informasi bisa cepat diketahui,” tuturnya.

Dengan demikian, Kota Padang bisa dipastikan aman dari binatang peliharaan yang mempunyai penyakit mematikan.

Warga yang ingin menyuntik bintang peliharaannya bisa langsung menghubungi pihak kelurahan untuk mengetahui jadwal penyuntikan vaksin.Selain itu, hewan yang akan vaksin juga dianjurkan berusia di atas satu tahun.

Dia berharap program ini bisa berjalan dengan baik sehingga seluruh hewan peliharaan di Kota Padang bebas dari penyakit rabies.

Ditambahkannya, setiap hari minggu di GOR H. Agus Salim dilaksanakan vaksinasi rabies gratis tersebut dan masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memvaksin hewan peliharaannya. (syawal)