Tak Berkategori  

Tak Boleh Fokus Pada Kekurangan Anak, Semua Anak Adalah Bintang

Seminar parenting yang diadakan RAS Yayasan Anak Sholeh 85 Padang, Sabtu (22/12). (ist)

PADANG – Rumah Anak Sholeh (RAS) Yayasan Anak Sholeh 85 menyelenggarakan Seminar Parenting di aula Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Padang, Sabtu (21/12). Menghadirkan tokoh parenting nasional, Irwan Rinaldi dan Akademisi, Ustadz Fikri Akmal Putra, SH, seminar yang diikuti sekitar 250 peserta itu mengambil tema ‘Semua Anak adalah Bintang’.

Dalam materinya, Irwan Rinaldi yang biasa dipanggil Ayah Irwan memaparkan bahwa pada hakikatnya semua anak dilahirkan dalam keadaan fitrah atau baik. Hanya faktor lingkungan terutama orang tua yang akan memberikan pengaruh sangat besar dalam proses perkembangan karakter anak.

Ayah Irwan juga menyampaikan hendaknya para orang tua tidak berfokus pada kekurangan anak dan membandingkan anak dengan kelebihan anak yang lain. Karena, setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda meski saudara kembar sekalipun. Orang tua hendaknya fokus mengasah kelebihan anak agar muncul bintang dalam diri anak.

Sementara itu, Ustadz Fikri menyampaikan pentingnya orangtua memperhatikan kata-kata yang keluar dalam mendidik atau menasihati anak. Jangan sampai kata-kata yang keluar kepada anak malah membuat anak semakin tidak percaya diri, takut salah, dan menyakiti hatinya.

Selain seminar, pada kesempatan itu Rumah Anak Sholeh juga melaksanakan launching buku ‘30 Menit Bernilai’ yang dapat menjadi salah satu referensi bagi pendidik atau orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Ilham, salah satu peserta seminar berharap agar kegiatan seperti itu hendaknya sering dilaksanakan. “Hendaknya kegiatan seperti ini lebih rutin dilaksanakan. Karena kebutuhan orangtua akan ilmu parenting sangat besar,” ujar Ilham. (rin)