oleh

Talago Buni Soul of Minangkabau Music Bakal Tampil di Jerman

PADANG – Grup Talago Buni Soul of Minangkabau Music dari Sumatera Barat akan menampilkan komposisi terbarunya di dua lokasi di Jerman dalam waktu dekat ini. Dalam penampilannya nanti, mereka akan membawakan tujuh komposisi musik yang memperlihatkan hubungan antara spirit budaya dan agama Islam di Minangkabau.

Hal itu disampaikan Pimpinan Talago Buni, Edy Utama, Minggu (26/5). “Selasa besok kami berangkat ke Jerman,” kata Edy.

Edy mengatakan, penampilan pertama di Jerman akan berlangsung pada 30 Mei di Sommerblut Festival, dan kemudian pada 4 Juni di gedung konser Elbphilharmonie.

“Sommerblut Festival adalah festival seni lintas disiplin bertaraf international, yang diselenggarakan di kota Koeln. Kota Koeln adalah sebuah kota yang berada di pinggir Sungai Rhine, yang juga terkenal dengan sebuah bangunan katederal tua yang besar bernama Dom. Di festival ini, bersama dengan grup dari Turki, Galata Mevlevi, Talago Buni akan tampil dalam tema Malam Ramadhan,” jelasnya.

Ia menuturkan, Talago Buni akan membawakan tujuh komposisi musik yang memperlihatkan hubungan antara spirit budaya dan agama Islam di Minangkabau. Sedangkan Galata Mevlevi, pada malam sebelumnya (29 Mei) akan memperlihat tradisi musik dan tarian sufi yang berkembang di Turki.

Pertunjukan Talago Buni berikutnya, kata Edy, akan berlangsung di gedung konser yang baru digunakan tahun 2017 lalu. Gedung ini terletak di pinggir sungai Elbe dan menjadi ikon baru kota Hamburg. Gedung ini terkenal dengan keunikan arsitekturnya, dan kualitas artistiknya yang dirancang secara khusus.

“Di Elbphilharmonie Talago Buni akan menyanyikan materi yang sama di Sommerblut Festival, yakni perpaduan antara tradisi musik Minangkabau dan pengaruh budaya Islam,” katanya.

Sejak didirikan, Talago Buni telah tampil di sejumlah festival baik di tingkat nasional maupun internasional. Ini adalah tour ketiga Talago Buni ke Eropa sejak didirikan 20 tahun yang lalu. Pementasan pertama grup Talago Buni berlangsung awal Juli 1999, di Tanz-und Folkfest Rodolstadt, Jerman. Tahiun 2015 lalu Talago Buni juga telah melakukan pertunjukan di lima belas kota di Eropa, yakni di Jerman dan Brusel.

Kali ini, kata Edy, ada tujuh orang personil Talago Buni yang berangkat ke Jerman, yang dipimpin oleh Artistik Director Edy Utama, Komposer Muhammad Halim dan Susandra Jaya, serta pemain; Emri, Febrianti, Leva Khudri Balti dan Laras Sri Masefi. (wahyu)

News Feed