oleh

Taman Satwa Kandi Akan Dikelola Pemko Sawahlunto

SAWAHLUNTO – Taman Satwa Kandi akan beralih pengelolaan. Dari semua dikelola oleh PT Wahana Wisata Sawahlunto (PT WWS), maka ke depan akan dikelola Pemerintah Kota Sawahlunto.
Beralihnya pengelolaan Taman Satwa Kandi setelah DPRD yang akan mengakhiri masa jabatan itu menyetujui perilah tersebut di rapat paripurna, Kamis (8/8).
“Kami lihat banyak kebun binatang yang dikelola pihak di luar pemerintah daerah setempat tidak terurus dengan baik. Kita tidak ingin hal serupa terjadi diTaman Satwa Kandi,” kata Ketua DPRD Sawahlunto, Adi Ikhtibar, Kamis (8/8).
Menurutnya, dengan dialihkannya pengelolaan Taman Satwa Kandi pada pemerintah kota akan memberi peluang bagi PT Wahana Wisata Sawahlunto (PT WWS) memperoleh untung maksimal. Bahkan, bisa pula memberi deviden lebih besar pada pemerintah kota selaku pemilik saham mayoritas.
“Dengan dialihkan pengelolaan Taman Satwa Kandi, PT WWS bisa memberikan deviden Rp 160 juta per tahunnya. Kalau tidak segera dialihkan pengelolaan, khawatirnya nasib satwa bisa tidak terurus. Pokoknya, menjelang dilantik anggota DPRD terpilih kami sudah memutuskan,” ujar Adi.
Walikota Sawahlunto, Deri Asta dalam pengantar perubahan ranperda ini mengemukakan, dialihkan pengelolaan Taman Satwa Kandi dalam upaya mencari sumber-sumber dari APBN dalam konteks dana konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). (armadison)
Loading...

Berita Terkait