oleh

Tanah Datar Usulkan Etape 1 TdS 2019 Lewati Singkarak

TANAH DATAR – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menegaskan, kawasan Danau Singkarak wajib masuk rute yang dilewati peserta Tour de Singkarak (TdS) 2019. Bila tidak memungkinkan pada etape 1, peluangnya ada pada etape 6.

“Dari rapat koordinasi kabupaten kota se-Sumatera Barat di Batusangkar, belum ada keputusan resmi dari panitia apakah akan melewati Danau Singkarak atau tidak. Alasannya, survey yang dilakukan baru pada tahap kedua,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Abdul Hakim, Rabu (11/9).

Ditegaskan, masuk atau tidaknya Danau Singkarak ke dalam rute yang dilewati para pebalap, bagi Kabupaten Tanah Datar adalah perkara wajib. Tidak ada alasan untuk tidak melewati kawasan Singkarak yang sudah menjadi ikon balap sepeda wisata yang memasuki tahun kesebelas tersebut.

Hakim menyatakan, berdasarkan arahan Bupati H. Irdinansyah Tarmizi, pada prinsipnya harus melewati Danau Singkarak. Arahan itu, ujarnya, sudah disampaikan dalam forum rapat koordinasi. Pemkab Tanah Datar, menurut Hakim, mengusulkan pada etape 1 atau 6.

Etape 1 dimulai setelah grand start di Pantai Gandoriah dan finish di Istano Basa Pagaruyuang. Bisa saja rutenya ditambah melewati Danau Singkarak. Jika sebelumnya dirancang peserta menuju Batusangkar dengan memasuki simpang ke kiri di Kubukarambie, maka diusulkan agar dari pertigaan itu, peserta lurus saja menuju Singkarak, baru belok kiri dari pertigaan jembatan Ombilin.

Sementara, pada etape 6 yang semula direncanakan start dari Dermaga Singkarak menunjuk Solok Selatan dipindah ke Arosuka. Jika ditambahkan mengelilingi Danau Singkarak disebut akan melewati batas standar maksimal jarak tempuh. (musriadi)

Loading...

Berita Terkait