Tak Berkategori  

Targetkan Gaet Wisatawan Mancanegara, Pantai Tiku Dibenahi

Pantai Tiku (net)
Pantai Tiku (net)
Pantai Tiku (net)

LUBUK BASUNG – Pantai Tiku di Kecamatan Tanjung Mutiara dikembangkan menjadi kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, Hadi Suryadi, Sabtu (4/7) mengatakan, di Pantai Tiku akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung seperti tempat berjualan, tempat duduk, arena bermain dan lainnya.

Untuk membangun fasilitas ini, pihaknya akan mengajukan proposal kepada pemerintah pusat sehingga biaya pembenahan objek wisata ini bisa dibantu pusat.

Pemkab Agam sedang membuat perencanaan teknis pengembangan Pantai Tiku yang akan disinergikan dengan Objek Wisata Bandar Mutiara, yang juga berada di kawasan itu.

Terkait biaya, dia mengaku belum mengetahui total dana untuk pembangunan Pantai Tiku tersebut karena perencanaan teknis tersebut belum selesai.

Pantai Tiku yang terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara, memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk karena pohon cemara di kawasan itu sudah rindang.

Lalu di daerah itu juga terdapat Pulau Ujung dan Pulau Tangah. Pada tahun ini pihaknya menargetkan sekitar 500.000 kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerah itu.

Pada 2014, jumlah kunjungan sebanyak 392.318 wisatawan nusantara dan sebanyak 28.146 wisatawan mancanegara.

Sementara pada 2013 sebanyak 308.740 wisatawan nusantara dan sebanyak 20.733 wisatawan mancanegara, pada 2012 sebanyak 252.510 wisatawan nusantara dan sebanyak 19.006 wisatawan mancanegara.(*/aci)

sumber:antara