Tak Berkategori  

Tekan Harga, Bulog Jual 1.100 Ton Gula Murah

Ilustrasi (net)

PADANG – Guna menekan harga gula di pasaran, Bulog Divisi Regional Sumbar melepas 1.100 ton gula “murah” dalam tiga bulan terakhir ke pasaran. Langkah dinilai efektif menekan harga gula dari Rp16 ribu/kg menjadi Rp14 ribu/kg.

“Saat lebaran, harga gula mencapai Rp16.000/kilogram, jauh di atas harga normal Rp12.500/kilogram. Harga itu terus bertahan setelah lebaran sehingga pemerintah melalui Bulog turun tangan dengan sejumlah cara, agar harga bisa kembali normal,” kata Kepala Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi di Padang, Selasa (6/9).

Cara itu menurutnya, melalui operasi pasar di beberapa titik, menjual ke pedagang serta menjual langsung pada masyarakat. Sehingga kebutuhan masyarakat akan gula Sumbar secara perlahan terpenuhi. Sejak hal itu dilakukan, harga gula di Sumbar telah berangsur turun.

“Sekarang harga gula dipasaran di Padang Rp14.000/kilogram. Masih belum normal, tetapi sudah menunjukkan tren menurun. Kita akan tetap sebar gula murah pada masyarakat agar akhir tahun harga kembali normal pada Rp12.500/kilogram,” sebutnya. (yose)