Tak Berkategori  

Tentara Amerika Bersihkan Pantai Padang

Perwira dari Kapal USS Stockdale dari Amerika Serikat bernyanyi bersama usai bersih-bersih pantai di sepanjang bibir pantai Air Manis, Rabu (13/4). (lenggogeni)
Perwira dari Kapal USS Stockdale dari Amerika Serikat bernyanyi bersama usai bersih-bersih pantai di sepanjang bibir pantai Air Manis, Rabu (13/4). (lenggogeni)

PADANG – ‘Jangan membuang sampah sembarangan,’ tegas Wakil Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Tamra Greig ketika bersih-bersih pantai di sepanjang bibir pantai Air Manis, Rabu (13/4).

Acara bersih-bersih pantai tersebut diikuti 30 Perwira dari Kapal USS Stockdale dan 300 orang dari Muhammadiyah Sumbar plus warga lokal.
Melihat aksi yang dilakukan secara kerjasama itu, Tamra Greig pun merasa bangga dan senang. Sebab, perwira kapal USS Stockdale berbaur bersama warga mengumpulkan sampah yang berserakan di sepanjang pantai.
“Mudah-mudahan aksi ini berlangsung terus. Jikalau saya kembali ke sini lagi, pantai tetap bersih,” harapnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, Amerika Serikat dan Indonesia telah lama menjadi mitra dalam perlindungan terhadap lingkungan, terutama laut.
“Keberadaan sampah di laut mengancam kesehatan manusia, keberagaman makhluk hidup serta ekonomi lokal,” jelasnya.
Ia pun menginginkan semua warga mengerti tentang bahaya membuang sampah sembarangan. Sebab, sampah tersebut bermuara ke sungai, kemudian arusnya sampai ke laut. Bahayanya, ikan-ikan di laut pun memakan sampah tersebut. Artinya, ikan yang dimakan generasi muda terbuat dari sisa sampah.
Hal senada juga disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Shofwan Karim Elha.  Ia pun merasa terpanggil melakukan pengabdian masyarakat aksi bersih pantai.
“Makanya kami hadir di sini merangkul seluruh komponen yang terdiri dari Konsulat Amerika Serikat, Pemko Padang, pemrov Sumbar, Bank Nagari, Semen Padang, Telkom Indonesia dan angkatan muda Muhammadiyah. Kami semua mengkampanyekan clean beach and clean environment,” jelasnya.
Menurutnya, ini adalah panggilan moral mengupgrade destinasi wisata dan menunjang program kemaritiman nasional serta mensosialisasikan sudah saatnya pantai bersih dari sampah.
“Saya ingin, aksi bersih pantai dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mencintai dan merawat lingkungan. Sehingga ekonomi bisa hidup dan rakyat bisa menjadi sejahtera,” ucapnya. (lenggo)