Terapkan Protokol Kesehatan Minimalisir Covid-19

×

Terapkan Protokol Kesehatan Minimalisir Covid-19

Sebarkan artikel ini
FGD dengan topik”Apa Kabar Perda AKB” kerjasama Harian Singgalang dengan Satgas Covid-BNPB (ist).

Satpol PP pun, lanjut dia berusaha optimal menerapkan perda tersebut. Dikarenakan perda AKB merupakan perda provinsi maka penegakannya adalah Satpol PP provinsi. Sementara di lain sisi, kabupaten/kota juga harus menerapkan perda ini. “Sebagai solusi kami melaksanakan kerjasama dengan satpol PP kabupaten/kota. Alhasil sampai sekarang upaya penertiban dan penegakan perda masih dilakukan,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan walaupun tanggung jawab penegakkan Perda ada pada Satpol PP, namun kepolisian Sumbar juga ikut mendukung penerapan perda tersebut. “Pada berbagai razia kami juga diberikan interuksi untuk melakukan penertiban terhadap kedisiplinan pada penerapan protokoler kesehatan. Yakni terutama pemakaian masker dan jaga jarak,” ujarnya.

Selain melakukan razia mandiri, lanjut Bayu, kepolisian juga melaksanakan razia gabungan bersama satpol PP. Selain satpol PP juga melakukan razia mandiri. “Pengutamaan dari razia ini adalah pembiasaan masyarakat untuk disiplin dengan adaptasi kebiasaan baru yakni 3 M,” ujarnya.

Kepolisian, lanjut Bayu, berharap pula penerapan Perda AKB bisa membuat penyebaran Covid-19 di Sumbar tidak semakin meluas. Untuk itu, lanjut dia, Polda Sumbar juga ikut mendukung dengan ikut menyosialisasikan perda AKB pada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Singgalang, Sawir Pribadi yang juga menjadi salah satu pembicara pada FGD tersebut mengatakan perlunya untuk memperketat pengawasan dan penertiban pada beberapa tempat yang diperkirakan menjadi salah satu sumber penyebaran. “Salah satunya seperti di tempat ‘baralek’. Di sana orang bebas bersalaman dan makan berdekatan. Jaga jarak dan memakai masker sangat jarang. Ini perlu diperhatikan,” ujarnya.

Selain itu juga Sawir menilai perlu ada aparat yang ditempat pada tempat makan atau restoran yang ramai. Dia melihat di tempat ini sering ada pelanggaran protokoler kesehatan, terutama tidak memakai masker. “Harusnya pemilik restoran atau rumah makan diminta tegas untuk tidak melayani pelanggan yang tidak memakai masker,” tegasnya. (titi)