Tak Berkategori  

Terbukti Pengurus Parpol, Anggota Panwaslu Pessel Dipecat

DKPP (net)
DKPP (net)

PADANG – Terbukti terlibat dalam kepengurusan partai politik, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pesisir Selatan, Afrianto dan Anggota Panwascam IV Jurai Pesisir Selatan, Noridol Rahman dipecat.

Pemecatan tersebut berdasarkan hasil sidang yang dilakukan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kamis (3/12) di Jakarta.

“Benar, kita sudah dapatkan hasil sidangnya, dua orang itu diberikan sanksi pemberhentian tetap (dipecat). Mereka diberhentikan karena telah melanggar kode etik, mereka dinyatakan tergabung sebagai pengurus DPC Partai Demokrat Pessel,” sebut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, Elly Yanti saat dihubungi, Kamis (3/12).

Diakuinya, proses pemecatan tersebut diawali dengan temuan Bawaslu Sumbar. Kedua nama tersebut terdapat dalam SK nomor 61.08/SK/DPP-PD/DPC/V/2012 tentang susunan kepengurusan DPC Demokrat periode 2011-2016, tertanggal 31 Mei 2012. Dengan itu, keduanya belum 5 tahun berhenti dari partai politik, dan terbukti tidak memenuhi syarat.

Untuk mengisi kekosongan anggota Panwaslu Pessel yang kosong, maka akan digantikan oleh Pengganti Antar Waktu (PAW). Jabatan PAW ini akan diisi oleh peserta yang mengikuti seleksi Panwaslu sebelumnya. (yose)