padangpanjang

Terdampak Erupsi Marapi, BPBD Padang Panjang Bagikan Masker

×

Terdampak Erupsi Marapi, BPBD Padang Panjang Bagikan Masker

Sebarkan artikel ini
BPBD Padang Panjang bagikan masker. (ist)

Padang Panjang – Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kesbangpol Padang Panjang membagikan 1.000 masker kepada warga di perempatan Pasar Pusat, Jumat (19/1) siang.

Pembagian masker ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak kesehatan akibat turunnya abu vulkanik dari Gunung Marapi. Abu vulkanik dapat menyebabkan gangguan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) jika terhirup.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Panjang, Doni Rahman, S.Pd.I, M.Pd, mengatakan, pembagian masker ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian BPBD terhadap kesehatan masyarakat.

“Kami berharap masker ini dapat membantu melindungi masyarakat dari gangguan kesehatan akibat abu vulkanik,” kata Doni.

Baca Juga:  Produser Film Lelaki Minang Gelar Open Casting di Padang Panjang

Doni juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah jika kondisi cuaca tidak memungkinkan. Jika terpaksa keluar rumah, sebaiknya gunakan masker dan kaca helm untuk melindungi mata dan hidung dari abu vulkanik.

“Kita berharap situasi kabut abu seperti ini cepat berlalu,” ujarnya.

Pembagian masker ini disambut baik oleh masyarakat. Mereka berterima kasih kepada BPBD yang telah memberikan masker secara gratis.

“Terima kasih kepada BPBD yang sudah membagikan masker. Masker ini sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari abu vulkanik,” kata salah seorang warga, Siti Maryam. (rl)