Tak Berkategori  

Terduga Pencuri Kotak Amal di Surau Ampalam Tiku Selatan Diamankan

Ilustrasi.(ist)

LUBUK BASUNG – Terduga pencuri kotak amal Surau Ampalam Tiku Selatan, RH (35) warga Lubuk Basung diamankan di Satpolsek Tanjung Mutiara, Senin (27/9).

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan didampingi Kapolsek Tanjung Mutiara Muswar Hamidi menjelaskan, terduga pencuri kotak amal tersebut diamankan bersama barang bukti uang sebesar Rp65 ribu.

“Tersangka sebelumnya ditemukan warga saat mengambil uang kotak amal dari kaca yang dipecahkan di Musala Ampalam,” katanya.

Setelah yakin yang bersangkutan memecahkan kotak amal dari kaca sekaligus mengambil uang yang ada didalamnya, kemudian digiring ke Mapolsek untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Sesuai informasi, pelaku berada di Surau dengan pura pura salat, kemudian melakukan operasinya dengan merusak dan mengambil uang yang ada dalam kotak amal tersebut.

Hal ini diketahui salah seorang jamaah yang salat Zuhur sekita pukul 13.30 WIB. Jamaah tersebut menanyakan kepada pelaku bahwa memang dia memecahkan kaca kotak amal sekaligus mengambil uang yang ada di dalam nya.

Usai kejadian yang mencurigakan tersebut, warga dan tokoh masyarakat setempat segera mengamankan pelaku dan membawa ke Mapolsek setempat.

Kini tersangka diamankan oleh pihak berwajib guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Pelaku diancam pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHP dengan hukuman 7 tahun penjara,”katanya. (mursyidi)