Terik, Suhu di Padang Bisa Tembus 35 Derajat Celcius

Ilustrasi (net)

PADANG – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Ketaping, Padang Pariaman, Sumbar memprediksi, hingga dua hari ke depan suhu Padang mencapai 35 derajat celcius.

Saat ini, suhu ibukota Provinsi Sumbar sudah mencapai 34,6 derajat celcius.‎ Hal ini dikarenakan, kondisi atmosfer pada Febuari hingga Maret sudah mulai memasuki musim kering.
“Saat ini perlu diwaspadai dehidrasi terutama yang beraktifitas diluar ruangan,” kata ‎Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiadji, kepada wartawan, Selasa (13/2).
Budi mengatakan, kondisi cuaca panas yang dialami Padang saat ini belum bisa dikategorikan ekstrem. Sebab, berdasarkan SOP BMKG, cuaca ekstrem bisa ditetapkan apabila telah mencapai suhu 35 hingga 37 derajat celcius.
“Saat ini cuaca tercatat 34,6 derajat celcius. Dua hari ke depan berpotensi tinggi bahkan diprediksi mendekati di angka 35 derajat celcius,‎” ujar Budi.
BMKG mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat ‎untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan, untuk menghindari dehidrasi tinggi.
Kalaksa BPBD Padang, Edi Hasymi, kepada Singgalang, mengatakan, saat ini pihaknya belum menetapkan status siaga ataupun waspada terkait suhu panas ini. Namun, untuk masalah kekeringan di tiga kecamatan, masih terus berlanjut. (deri)