Tak Berkategori  

Ternyata Begini Tips Menjadi Sultan di Era Digital

Literasi Digital 2021.(ist)

LIMAPULUH KOTA – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu 20 November 2021.

Webinar yang dimulai pukul 09.00 WIB itu membahas tentang Tips Menjadi Sultan di Era Digital oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Sesi ini bertujuan untuk membuka diri pada lingkungan yang lebih luas, peka terhadap perubahan yang ada, tidak asal plagiat karya orang lain, cari informasi dari sumber terpercaya, dan kerahkan seluruh potensi atau kelebihan, yang kalian miliki dan raihlah sukses.

Menurut Ranna Saphira. Mia Marcellina, S.Pd. sebagai musisi dan pekerja seni mengatakan digital skills adalah keterampilan memakai, memanfaatkan, mengoptimalkan, dan mengelola perangkat platform, serta teknologi digital era industri. Indonesia Emas pada tahun 2045 yang maju, adil, dan sejahtera hanya bisa dicapai jika Indonesia membangun digital talent yang berdaya saing global.

Dr. H. A. Ali Imran Sadiq, S.A.P., M.ADM.SDA., CPC memaparkan sebanyak 29% anak usia dini di Indonesia menggunakan telepon seluler dalam tiga bulan terakhir. Rinciannya, bayi yang berusia kurang dari satu tahun sebesar 3,5%, anak balita 1-4 tahun sebesar 25,9%, dan anak prasekolah 5-6 tahun sebesar 47,7%.

Anak-anak makin mudah untuk memasuki dunia online. Para orang tua dihimbau untuk membantu anaknya belajar berperilaku yang pantas dan aman ketika berinternet, bukan hanya mengajari tentang situs mana yang aman dan pantas diakses.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Rio “Hijau Daun” sebagai Professional Drummer yang memberikan sharing session, tips menjadi sultan di era digital. Kemampuan digital bukan seberapa canggih teknologi yang ditemukan atau gunakan, tetapi bagaimana masyarakat bertranfromasi dalam berpikir, mendisiplinkan diri, menemukan masalah dan berupaya menyelesaikannya persoalan tersebut.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)