ekonomi

Terus Lakukan Persiapan, Kini Kecepatan KA Cepat Jakarta-Bandung 220 Km/Jam

×

Terus Lakukan Persiapan, Kini Kecepatan KA Cepat Jakarta-Bandung 220 Km/Jam

Sebarkan artikel ini
Kini kecepatan kereta api cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 220 km/jam, seiring terus dilakukannya persiapan prasarana maupun sertifikasi dengan Kementerian Perhubungan oleh Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). (Yusman)

JAKARTA – Dalam rangka menyambut pengoperasian Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Agustus 2023, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bersama seluruh stakeholder terus melakukan berbagai persiapan, baik itu penyempurnaan prasarana untuk peningkatan laju kereta api cepat maupun secara paralel proses sertifikasi bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti dalam keterangan persnya kepada Singgalang di Jakarta, Selasa (13/6) mengatakan pihaknya saat ini sedang fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing & commisioning KCJB secara internal yang dilaksanakan oleh Kontraktor KCJB. Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian.

“Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi,” ujar Emir.

Dikatakan, pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Laju Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan kecepatannya secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km perjam.