Tak Berkategori  

Tewasnya 6 Laskar FPI, Komnas HAM Beberkan Barang Bukti yang Ditemukan

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam memeriksa satu dari tiga mobil yang dikendarai polisi dan enam laskar FPI. (antara)

JAKARTA – Komnas HAM menemukan sejumlah barang yang dapat dijadikan sebagai bukti terkait peristiwa yang mengakibatkan tewasnya 6 Laskar FPI di sekitar KM 50 Tol Jakarta-Cikampek, pada Senin (7/12). Barang bukti itu berupa proyetil dan selongsong nantinya akan diuji kembali.

Koordinator Subkomisi Penegakan Komnas HAM, Amiruddin, menyebut barang bukti itu didapatkan di sejumlah lokasi di sekitar TKP. “Mendapatkan barang-barang yang dapat dinyatakan dan dilihat sebagai bukti. Bukti-bukti ini perlu kami uji lagi,” ujarnya saat konferensi pers, Senin (28/12).

Amiruddin memaparkan, pihaknya juga menemukan serpihan pecahan dari bagian mobil yang diduga akibat serempetan. “Selain itu juga didapatkan semacam serpihan pecahannya dari bagian mobil yang kita duga dari serempatannya, pecahan-pecahannya,” ujarnya dikutip dari okezone.

Bukti lainnya yang didapatkan Komnas HAM adalah rekaman percakapan dan CCTV. Barang-barang itu didapatkan dari sejumlah pihak yang telah dimintai keterangan.
“Seperti rekaman percakapan CCTV, dan beberapa lainnya. Ini kami dapatkan berkat kerja sama dari pihak-pihak yang kami mintai keterangan,” tuturnya.

Terhadap barang bukti itu, ia mengatakan, pihaknya akan melakukan uji balistik. “Terhadap ini semua alat-alat bukti ini terutama selongsong dan proyektil tentu kami butuhkan ahli untuk mengujinya,” tuturnya. (mat)