Tak Berkategori  

Thailand Borong Gelar Top Skor dan Pemain Terbaik AFF

Selebrasi gol pemain Thailand (antara foto)
Selebrasi gol pemain Thailand (antara foto)

BANGKOK – Timnas Thailand berhasil menjuarai Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Indonesia di leg kedua, Sabtu (17/120) malam WIB. Tak hanya gelar juara, Thailand juga membawa pulang gelar top skor dan pemain terbaik Piala AFF 2016.

Gelar top skor menjadi milik kapten Thailand, Teerasil Dangda. Sepanjang turnamen Dangda mencetak enam gol. Gelontoran gol dimulai Dangda dari laga pertama melawan Indonesia di babak grup. Pada laga yang berakhir dengan skor 4-2 itu, Dangda mencetak tiga gol.

Penyerang berusia 28 tahun tersebut kembali mencetak lebih dari satu gol saat melawan Myanmar di leg pertama babak semifinal. Pada laga yang berlangsung di markas Myanmar tersebut, Dangda mencetak dua gol.

Satu gol terakhir dibuat Dangda kembali ke gawang Indonesia. Gol tersebut lahir di laga leg pertama babak final yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Dia bisa saja menambah jumlah golnya di final leg kedua andai saja sepakan penaltinya tidak ditepis oleh kiper Indonesia, Kurnia Meiga.

Sementara itu, gelar pemain terbaik di Piala AFF 2016 menjadi milik Chanatip Songkrasin. Songkrasin merupakan playmaker yang mampu membantu Timnas Thailand mempertahankan gelar juara Piala AFF. Dalam PIala AFF 2016, gelandang serang berusia 23 tahun itu mencetak satu gol, tepatnya ke gawang Myanmar di leg kedua babak semifinal.

Bagi Songkrasin, ini adalah gelar keduanya sebagai pemain terbaik Piala AFF, yang mana gelar pertama diraih pada 2014. Sementara bagi Dangda, ini adalah gelar top skor Piala AFF-nya yang ketiga, setelah meraihnya pada 2008 dan 2012. (aci)

agregasi okezone1