Tak Berkategori  

Tidak Ada Penambahan Kasus Baru Covid-19 di Payakumbuh

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal. (foto: antara)

PAYAKUMBUH – Kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh sudag terkendali. Harapan kota itu untuk kembali ke zona hijau, nampaknya segera terwujud. Dari hari kehari perkembangan positif Covid-19 terus turun. Bahkan dalam seminggu terkahir, tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang baru. Hingga saat ini, kasus aktif yang ada di kota itu tinggal 10 kasus.

Kadiskes Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Kamis (30/9), mengatakan, melihat perkembangan kasus yang terus melandai, saat ini hanya tujuh kelurahan yang masih berstatus zona kuning. Empat kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Barat serta masing-masing satu kelurahan di Payakumbuh Utara, Payakumbuh Timur dan Lamposi Tigo Nagori. Sedangkan untuk Payakumbuh Selatan sudah berstatus zona hijau.

“Berkat kepatuhan kita semua, kelurahan yang awalnya zona merah sekarang sudah kembali hijau semua. Sekarang tinggal bagaimana mempertahankannya dan menuju zona hijau untuk semua kecamatan. Untuk kembali ke zona hijau, kuncinya itu ya peran aktif semua masyarakat itu sendiri, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan ikuti program vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, meski pandemi Covid-19 sudah bisa dikatakan terkendali, namin dirinya terus berpesan kepada seluruh masyarakat, agar tetap waspada jangan sampai lengah. Apalagi sampai menganggap remeh virus ini serta menyepelekan penerapan protokol kesehatan. Karena apabila itu terjadi, alamat kasus positif akan kembali melejit. Dan segela penerapam pembatasan akan diberlakukan kembali. “Maka dari itu, kita himbau kepada masyarakat untuk tetap terapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi makanan sehat dan rajin makan buah-buahan,” tambahnya.

Sementara itu, dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, tidak ada ditemukan penambahan kasus dan empat orang dinyatakan sembuh alias bebas isolasi. Sehingga sampai hari ini, data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak lima orang isolasi mandiri dirumah dan lima orang dirawat di rumah sakit.

Selian itu, Kadiskes juga mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh, agar secepatnya melakukan vaksinansi. Karena saat ini lagi digiatkan gebyar vaksin sapu jagat di seluruh kelurahan. “Kita laksanakan di dua kelurahan disetiap kecamatan setiap harinya. Kalau tidak sempat hadir bisa datang ke kelurahan tetangganya. Untuk jadwalnya bisa dilihat di kantor kelurahan. Sementara untuk remaja berusia 12 sampai 17 tahun, bisa vaksin di sekolah masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dengan syarat ada izin dari orang tuanya,” pungkasnya.

Untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus baru sebanyak 0 orang, total kasus konfirmasi sebanyak 2.691 orang, sembuh sebanyak 2.623 orang, isolasi sebanyak 5 orang, rawat sebanyak 5 orang, meninggal dunia sebanyak 53 orang, kontak erat sebanyak 0 orang. 207