oleh

Tiga Titik Jalan Pengerasan Beton di Lubuk Alung Tuntas Bulan Ini

Jalan pengerasan beton yang merupakan padat karya dari Kemeterian PUPR dibangun tiga titik di Kecamatan Lubuk Alung. Ini salah satunya sedang dalam tahap pinishing. Kehadiran jalan ini membuka akses potensial masyarakat nagari. (damanhuri)

PARIK MALINTANG – Pengentasan kemiskinan masih menjadi tantangan bagi pemerintah karena merupakan masalah yang harus segera diselesaikan guna meningkatkan perekonomian di kawasan permukiman. Diperlukan intervensi pemerintah untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dasar permukiman yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Menindaklanjuti arahan Presiden tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan arahan terkait lingkup kegiatan padat karya di Direktorat Jenderal Cipta Karya, meliputi seluruh kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat yang telah dilaksanakan selama ini, baik di perdesaan maupun perkotaan.

Ketua Pelaksana Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Lubuk Alung Irfan Mulyadi dan Fasilitasi Ririn Permata Sulistia menjelaskan, pembangunan pengerasan beton merupakan salah satu bagian dari program membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka kesatuan.

“Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun ini di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman dapat alokasi tiga titik jalan pengerasan beton, dengan anggaran Rp600 juta, dengan kontrak kerja 90 hari dari 2 Juli hingga 29 September ini,” kata dia, Selasa (18/9) kemarin.

Menurut Irfan Mulyadi, tiga titik lokasi di Lubuk Alung itu, satu di Korong Kampuang Baru, Nagari Punggung Kasik, panjangnya 345 meter. Selanjutnya di Korong Kabun Baru, Nagari Balah Hilia Lubuk Alung, panjangnya 345 meter. dan terakhir di Korong Kampuang Tangah, Nagari Aia Tajun Lubuk Alung, panjangnya mencapai 330 meter.

“Pengerjaan sudah mendekati selesai. Boleh dibilang 90 persen,” sebutnya. (damanhuri)

Loading...

Berita Terkait