Tak Berkategori  

Tiga Titik Longsor Muncul di Palupuh, 6 Warung Terkena Material

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

LUBUK BASUNG – Tiga titik longsor kembali terjadi di Kecamatan Palupuh diantaranya terjadi di Jorong Bateh Sariak, Nagari Nan Tujuah, longsor menimpa badan jalan yang menghubungkan Kecamatan Palupuh dan Kecamatan Palembayan.

Akibat longsor tersebut jalan ambruk sepanjang 50 meter. Saat ini jalan tersebut sudah dapat dilalui, namun berisiko longsor susulan. Selain di Nagari Nan tujuah longsor juga terjadi di Jorong Angge Palimbatan, Nagari Pasia Laweh. Di sini longsoran terjadi pada 2 titik, diantaranya 1 titik menimpa badan jalan kabupaten yang menghubungkan pusat kecamatan menuju Nagari Pagadih dan kabupaten Limapuluh Kota. Saat ini jalan pun sudah dapat dilalui dengan satu lajur.

Longsor berikutnya menimpa 6 warung semi permanen milik Yusnifa (36), Abdul Wahid (66), Yuliyus (40), Zulkifli (46), Desmawati (41), Jasmiati (46)

Tokoh masyarakat Palupuh, Zul Arfin menyebutkan, kerugian akibat ambruknya warung milik warga tersebut ditaksir lebih kurang Rp100 juta. Barang-barang milik korban hancur seperti, televisi, kulkas, etalase, kompor gas, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan itu Kasi Trantib kecamatan Palupuh, Muhammad Nasir, S.Sos bersama anggota Unit Satpol PP Kecamatan, Relawan BPBD, anggota Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Nagari Pasia Laweh serta masyarakat membantu membersihkan puing-puing bangunan warung milik warga yang rusak,”demikian disampaikan staf kantor camat Palupuh, Harry Febry kepada Singgalang, Kamis (8/12) malam. (mwr)