Tiga WNA Terdaftar di DPT Dicoret KPU Sumbar

Komisioner KPU Sumbar Nova Indra. (*)

PADANG –  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) telah selesai melakukan pengecekan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hasilnya terdapat, 101 pemilih masuk didalam DPT yang tersebar di 17 Provinsi seluruh Indonesia.

Anggota KPU Sumbar Divisi Program dan Data Nova Indra mengatakan, dari 17 Provinsi tersebut salah satunya di Sumatera Barat juga terdapat tiga pemilih WNA terdaftar di DPT yang tersebar di tiga daerah yakni, Bukittinggi, Kabupaten Solok dan Tanah Datar.

“Tiga WNA yang memakai e-KTP yang masuk dalam DPT ini telah di coret oleh KPU Kabupaten Kota berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) melalui dukcapil” ujar Nova Indra, Kamis (7/3).

WNA yang tersebar di Tiga Kabupaten Kota terdaftar di DPT berdomisili berasal dari satu domisili di Tanah Datar asal Bangladesh, satu asal Belanda dan asal India,” katanya.

Lebih lanjut Nova Indra menambahkan, jika masih ada masyarakat yang menemukan WNA yang terdaftar di DPT silahkan melapor ke KPU di seluruh Sumatera Barat.

“ Sementara KPU Sumbar akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Imigrasi, Kesbangpol dan Disdukcapil” katanya.

Laporan dengan adanya temuan WNA di Sumbar akan disampaikan ke KPU RI oleh KPU daerah melalui KPU Provinsi untuk dilakukan pencoretan dari DPT.

Diketahui, 101 WNA ini berasal dari 29 negara. 29 negara tersebut yaitu, Afrika Selatan 1, Maulitius 1, Tanzania 1, Amerika Serikat 6, Kanada 2, Bangladesh 3, Cina 4, Filipina 4, India 1, Jepang18, Korea Selatan 4. Malaysia 7, Pakistan 1, Singapura 3, Taiwan 2 , Vietnam 1, Australia 3, Belanda 5, Inggris 4, Italia 2, Jerman 5, Prancis 1, Polandia 1, Portugal 1, Spanyol 1, Swiss 6, Turki 1 dan tidak diketahui 10. (Rom/yuke)

 

Loading...