Tak Berkategori  

Tim PKM Unidha Gali Potensi Pariwisata Nagari Pitalah 

Tim PKM Universitas Dharma Andalas saat bekunjung ke Nagari Pitalah. (ist)
Tim PKM Universitas Dharma Andalas saat bekunjung ke Nagari Pitalah. (ist)

PADANG – Kunjungan tim Pengabdian kepada Masyarakat FEB Universitas Dharma Andalas (Unidha) ke Nagari Pitalah, Kabupaten Tanah Datar dimaksudkan untuk mengangkat potensi kepariwisataan yang ada di nagari tersebut.

Di hadapan perangkat desa yang dipimpin Walinagari Pitalah Suharmi Sutan Sati dan Sekretaris Nagari, Irwan. Dt. Jo Intan, tim Pengabdiaan kepada Masyarakat Unidha  yang diketuai Maivalindadibantu salah seorang anggota tim yang juga staff dari Tourism Development Centre (TDC) Sumbar, Eka Maryanti memaparkan program pemerintah terkait pariwisata dan memberikan masukan dalam rangka mengembangkan potensi wisata yang bisa diolah di Nagari Pitalah.

Menurut Walinagari, yang sudah menyampaikan rencana pembangunan pada Musrenbang Nagari Pitalah, pada 7 Februari 2019. Salah satu rencana kerjanya terkait dengan adanya rencana kerjasama nagari nagari untuk membuka akses pariwisata di daerah tersebut melalui kerja manunggal yang direncanakan mulai dilakukan 2020.

Rencana ini menjadi motivasi tersendiri bagi Nagari Pitalah sebagai daerah perlintasan propinsi untuk bisa mengangkat potensi nagari. Adapun potensi yang ada, diantaranya seperti objek wisata alam, objek wisata sejarah, kuliner dan kerajinan.

Tim Pengabdian Masyarakat Unidha mencatat berapa masukan dan yang terkait dengan usaha mengembangkan Nagari Pitalah. Pihak nagari berkeinginan untuk mengembangkan sektor kuliner dan kerajinan, dan menjadikan kuliner Nagari Pitalah yang sudah dikenal dimana mana, disajikan di desanya sendiri.

Tim Pengabdian menyiapkan model pengabdian masyarakat untuk Nagari Pitalah, dan memaparkan kemungkinan kesiapan pemerintah dengan fasilitas dan masyarakat dengan SDM-nya sebagai penentu apakah sektor ini akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Keinginan memiliki BUMNag yang mengelola potensi pariwisata, bukan tidak mungkin akan segera terwujud. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan berlanjut dengan program program terkait lainnya.

Di samping mengadakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu pemerintah mengembangkan sektor pariwisata, juga untuk mengenalkan keberadaan Unidha di tengah masyarakat. (givo)