oleh

Tim Visitasi KI Sumbar Datangi PPID Dharmasraya

PULAU PUNJUNG – Setelah menuntaskan visitasi ke badan publik di Padang dalam rangka pemeringkatan keterbukaan informasi publik (KIP), Kamis (19/11) , tim visitasi Komisi Informasi (KI) Sumbar mendatangi Dharmasraya.

“Bagian terpenting dengan grade nilai tertinggi dalam pemeringkatan KIP yang akan diserahkan pada malam anugerah awal Desember adalah visitasi (penilaian langsung ke badan publik),”ujar Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemeringkatan KIP KI Sumbar, Sondri di Pulau Punjung.

Sekda Dharmasraya Benni Mukhtar mengatakan Pemkab Dharmasraya sudah lama mempersiapkan diri terhadap agenda ini.

Pada bagian lain Anggota tim visitasi Adrian Tuswandi mengatakan visitasi penting karena melakukan verifikasi dokumen terkait isian quisioner yang telah dikembalikan badan publik yang masuk nominasi.

“Pemkab Dharmasraya pada penilaian tahap pertama (quisioner dan website resmi) masuk nominasi, pada visitasi ini akan diuji apakah dokumen yang dikatakan ada pada qusioner memang benar adanya atau tidak,”ujar Adrian.

PPID Utama Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo juga mengakui masuk nominasi merupakan surprise bagi badan publiknya.

“Sehingga itu masuk nominasi lalu adanya penilaian visitasi oleh KI Sumbar, kami optimis bisa meraih peringkat terbaik,” ujarnya.

Optimis Budhi karena pengelolaan informasi publik di Dharmasraya, PPID sudah merunut kepada UU 14 Tahun 2008. Selain itu kata Budhi mengacu kepada PP 61 Tahun 2010 tentang peraturan pelaksana UU Keterbukaan Informasi Publik, juga Perki 1 Tahun 2010‎ dan Permendagri 35 tentang pembentukan dan standar operasion prosedur PPID. (lek)

Loading...

Berita Terkait