internasional

Tingkatkan Kualitas Udara, China Fokus Kendalikan Polusi Sektor Transportasi dan Industri

×

Tingkatkan Kualitas Udara, China Fokus Kendalikan Polusi Sektor Transportasi dan Industri

Sebarkan artikel ini
Dr Liu Bingjiang, Direktur Divisi Lingkungan Atmosfer Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup, mengatakan kepada panel wartawan internasional di Beijing, kemarin.

“Gabungan upaya tersebut menjadikan Tiongkok sebagai pionir di negara berkembang dalam mengatasi polusi udara, dan negara dengan kemajuan terbesar dalam kualitas udara,” katanya.

“Kampanye udara bersih Tiongkok bertepatan dengan pesatnya perkembangan sektor mobil listrik, dan peningkatan pesat truk-truk besar bertenaga listrik – yang banyak digunakan di sektor-sektor seperti pertambangan dan konstruksi – merupakan kontributor utama dalam mengurangi polusi udara,” katanya.

Pihak berwenang telah mencoba mengganti bus berbahan bakar bensin dengan bus listrik dan kendaraan diesel terbatas di daerah perkotaan. Reformasi di sektor transportasi merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah mengekang polusi.

Sebagai bagian dari kampanye tersebut, Tiongkok juga menutup banyak pabrik baja yang menimbulkan polusi berat, mempromosikan proyek pemanasan gas dengan batubara di daerah pedesaan dan mendorong industri energi terbarukan.

Liu mencatat bahwa PDB Tiongkok telah meningkat sebesar 69 persen sejak tahun 2013. Sementara itu, konsentrasi PM2.5 telah turun sebesar 57 persen, sebuah tanda bahwa pertumbuhan ekonomi tidak selalu bertentangan dengan perlindungan lingkungan.

Selama dekade terakhir, sekitar 60,5 persen pertumbuhan konsumsi energi Tiongkok berasal dari sumber daya ramah lingkungan, yang merupakan peningkatan sebesar 41,4 poin persentase dibandingkan dekade sebelumnya.

“Tiongkok kini memiliki kapasitas terpasang terbesar di dunia untuk pembangkit listrik tenaga angin, surya, dan air,” pungkasnya. (benk)