oleh

Tingkatkan Layanan Digital Baznas Gandeng Aplikasi Dana

JAKARTA – Tingkatkan layanan zakat digital, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Aplikasi Dompet Digital Indonesia (Dana). Memberikan kemudahan layanan berzakat dan berdonasi nontunai melalui teknologi QR Code.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, kepada Singgalang di Jakarta Rabu (15/5) mengatakan, Baznas terus memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan berzakat dan berdonasi untuk masyarakat. Karena bulan Ramadan, jumlah masyarakat yang gemar donasi atau berbagi meningkat.

Dengan QR Code Dana berzakat dan berdonasi makin mudah. Donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan dalam program Ramadan dan  program-program pemberdayaan mustahik. Mulai dari bidang ekonomi, pendididikan, kesehatan, dakwah, dan kemanusiaan, kata Arifin.

Melalui Dana, masyarakat cukup membuka menu “Bayar” pada aplikasi Dana pada ponsel. Kemudian pilih “Pindai” untuk memindai QR Code untuk berzakat dan berdonasi melalui Baznas pada poster, stiker, atau selebaran yang tersebar di daerah Jabodetabek dan media sosial Baznas.

Disampaikan oleh Chrisma Albandjar, Chief Communication Officer Dana, kini masyarakat dapat berzakat dan berdonasi melalui Baznas lebih mudah tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan teknologi dan sistem pemindaian QR Code Dana, berzakat dan berdonasi dapat menjadi lebih lancar.

Di zaman digital sekarang, teknologi finansial menjadi budaya positif dan membantu meningkatkan aktivitas sosial perekonomian di kalangan masyarakat, termasuk dalam berzakat dan berdonasi.

Aplikasi Dana tersedia di iOS dan Android, telah terintegrasi dengan berbagai merchant sebagai solusi pembayaran digital, baik secara online maupun offline. Memberikan fasilitas layanan transaksi dengan berbagai fitur sesuai pembayaran yang di inginkan. Pengguna dana saat ini lebih dari 15 jutaan, dan transaksi setiap harinya mencapai 1 juta transaksi.

Sebagai bentuk awal kerjasama Baznas dengan DANA, ada tiga fitur layanan berzakat dan berdonasi nontunai melalui teknologi QR Code yang dihadirkan. Diantaranya dengan fitur QR Code Zakat Fitrah, QR Code Zakat, dan QR Code Infaq.

“Pada Ramadan tahun ini, Baznas memiliki 18 program Ramadhan unggulan untuk memberikan pelayanan kepada para mustahik. Program-program ini bertujuan untuk melayani mereka selama Ramadan dan Idul Fitri,” pungkas Arifin. (smn)

Loading...

Berita Terkait