Tak Berkategori  

Titik Panas di Sumatera Turun Drastis

Petugas berupaya memadamkan api (ist)
Petugas berupaya memadamkan api (ist)

PEKANBARU – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan, titik panas di Sumatera, Selasa (9/8) mengalami penurunan secara dratis, karena terpantau hanya tinggal empat titik. Padahal hari sebelumnya tercatat 232 titik panas.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi mengatakan, data dirilis LAPAN menjelaskan, empat titik panas tersebut berdasarkan pantauan dari sensor modis terpasang pada satelit Terra maupun Aqua dan berada di angkasa.

Titik panas itu. tersebar pada dua provinsi di daratan Sumatera dengan wilayah kosentrasi terjadi di Riau berjumlah tiga titik, dan di Sumatera Selatan terdapat satu titik.

Untuk tiga titik panas terpantau berada di Riau tersebut, katanya, terjadi pada dua daerah dari 12 kabupaten/kota masing-masing Dumai dua titik dan Bengkalis satu titik.

“Tingkat kepercayaan di atas 70 persen dan menandakan titik api atau potensi kebakaran lahan dan hutan terjadi dua titik yakni Kecamatan Bukit Kapur, Dumai dan Kecamatan Rupat, Bengkalis,” jelasnya.(aci)

sumber:antara