Tak Berkategori  

Titik Panas Melonjak di Riau

PEKANBARU – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi 34 titik panas yang mengindikasikan kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau, Rabu (8/6).

“Berdasarkan pencitraan satelit Terra dan Aqua pukul 06.00 WIB hari ini terpantau 34 titik panas yang tersebar di delapan kabupaten di Riau,” kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Seluruh titik panas tersebut terpantau di Pelalawan 12 titik, Indragiri Hilir dan Siak masing-masing 6 titik. Selanjutnya titik panas lainnya menyebar di Kampar 3 titik, Bengkalis, Indragiri Hulu dan Meranti masing-masing 2 titik.

Keberadaan titik panas hari ini merupakan yang terbanyak dalam dua hari terakhir. Sebelumnya pada Selasa (7/6) keberadaan titik panas pada pagi hari terpantau sebanyal 8 titik. Kemudian, melonjak tajam pada sore hari yang mencapai 33 titik.

Namun begitu, dari sejumlah titik panas yang terpantau, sangat sedikit yang dipastikan sebagai titik api atau menjadi indikasi kebakaran lahan dan hutan dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.(aci)

sumber:antara