Tak Berkategori  

Tito Karnavian Mengundurkan Diri, Komjen Ari Dono Jabat Plt Kapolri

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pihaknya telah menerima surat resmi pengunduran diri Jenderal Tito Karnavian sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri).

Puan menjelaskan, sebelum rapat paripurna siang tadi pihaknya mendapatkan surat bernomor R51 dan tertanggal 21 Oktober 2019 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal permintaan persetujuan pemberhentian Kapolri Jendral Tito Karnavian.

“Surat diterima DPR, kami melakukan mekanisme Bamus. Jadi rapat konsultasi pengganti, Bamus untuk menyetujui hal tersebut. Kemudian tentu saja saya sampaikan dalam rapat paripurna dan kami akan membalas surat Presiden tersebut tentang pemberhentian Kapolri,” ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (22/10).

Setelah mendapatkan surat itu, pimpinan DPR pun juga mendapatkan surat pengunduran diri dari Tito sebagai Kapolri. Lantaran dia tak ingin rangkap jabatan lantaran sudah mendapatkan tugas baru. “Tentu saja surat pengunduran diri dari Kapolri (Tito) yang menyatakan beliau meminta mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri,” kata Puan dikutip dari okezone.

Hingga akhirnya dalam rapat paripurna, pimpinan DPR meminta persetujuan pemberhentian Kapolri dan telah disetujui oleh anggota dewan.

Agar tak terjadi kekosongan di pimpinan Korps Bhayangkara, Presiden Jokowi pun menunjuk Komjen Ari Dono Sukmanto menjadi Plt Kapolri sementara. “Presiden sudah disampaikan yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri,” tutur Puan. (aci)