oleh

TMMD 101 DI SIBAKUR; Tentara Terus Bantu Kesulitan Warga

Tentara ikut membantu rakyat. (*)

SELASA (10/4) di Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang, panas begitu terik. Ini dimanfaatkan Suwir, warga setempat untuk menjemur padi miliknya di lapangan bola yang berjarak lebih kurang 100 meter dari rumahnya.

Dibantu isterinya, pria 70 tahun itu menggelar tikar untuk menjemur padi-padi tersebut. Saat padi di rasa sudah kering, dia segera pula memasukkan ke dalam karung dan mengangkatnya.

Ketika itulah, seorang pria berbaju loreng yang ternyata salah seorang Satgas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-101 bernama Serda Dasio bergegas membantu. Dia tak membiarkan laki-laki tua itu mengangkat karung padi yang sangat beras tersebut. “Sini saya bantu, Pak,” kata Dasio yang dengan sigap mengangkat karung ke pundaknya.

Dalam sekejap, karung berpindah dari pundak Suwir ke pundak Dasio yang selanjutnya mengantarkan karung-karung padi itu ke rumah Suwir yang berjarak sekitar 100 meter dari tempat jemuran padi.

Begitulah kemanunggalan TNI dengan masyarakat di nagari itu. Ada semangat kebersamaan dan saling bahu membahu antara TNI dan warga setempat. Hal tersebut menjadi pemandangan biasa di nagari itu sejak hadirnya TMMD ke-101.

Tim dari Penerangan Korem 032/Wbr, Sertu Azmi menuturkan, sebagai wujud kemanunggalan TNI, anggota Satgas TMMD ke-101 di Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang telah mengimplementasinya delapan wajib TNI di nagari tersebut. Salah satunya adalah poin delapan yang menekankan tentang menjadi contoh serta mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Suwir bersama isterinya sangat berterimakasih atas bantuan para prajurit TNI tersebut. “Terima kasih, pak tentara telah membantu saya. Ternyata bapak tentara itu sangat baik,” katanya.

Kebaikan para prajurit TNI dalam TMMD ini juga disampaikan warga lainnya bernama Lubis. Dia dan warga lainnya, sangat sukacita dengan berbagai kegiatan yang dilakukan para tentara di nagarinya. Mereka merasa senang, karena bukan jalan yang dibangun, tapi juga terbangun kepedulian sosial yang terus dibina oleh satgas TMMD. “Saya ucapkan banyak terima kasih pada bapak tentara yang mau membantu membangun jalan dan peduli terhadap warga sekitar lokasi,” ucap Lubis. (yuni)

Loading...

Berita Terkait