Toko Bangunan dalam Marketplace Mempunyai Peran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Marketplace Ukur.com merupakan marketplace kontruksi terlengkap yang menyediakan bahan material dari toko bangunan atau apapun yang berkaitan dengan konstruksi. Dengan adanya Ukur.com yang terlengkap tersebut dapat mempermudah proses transaksi, pengaturan promosi, inventaris, sekaligus mengelola pelanggan dan penjualan dari semua cabang. Lalu, apa sebenarnya marketplace Ukur,com serta bagaimana perannya dalam pertumbuhan ekonomi?

Pengertian Marketplace

Sebelum beranjak ke peranan dalam pertumbuhan ekonomi, ada baiknya Anda mengetuai apa itu marketplace atau kumpulan toko bangunan. Marketplace merupakan sebuah pihak perantara yang memberikan sebuah fasilitasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya.

Biasanya marketplace ini akan berbentuk website atau aplikasi online, dimana situs marketplace menjadi pihak ketiga dalam perannya untuk transaksi online dengan menyediakan berbagai fitur-fitur terlengkap yang mendukung penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. Yang mana sebenarnya konsep dari pihak perantara itu sendiri mempunyai kesamaan dengan konsep  pasar tradisional.

Peran utama pihak perantara yaitu akan menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan, sekaligus membantu para pelanggan untuk membeli barang dengan lebih sederhana dan mudah.

Selain itu transaksinya yang sudah diatur oleh marketplacenya. Setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli, dimana yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka kini tidak lagi. Hal ini membuat marketplace semakin banyak digemari oleh semua kalangan baik dari pihak penjual maupun pembeli karena keamanan dalam bertransaksinya serta kemudahannya.

Ukur.com ini menyediakan berbagai kebutuhan bahan toko bangunan atau apapun yang berkaitan dengan konstruksi secara lengkap. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda membeli bahan toko bangunan di platform marketplace Ukur.com.

Peran Penting Toko Bahan Bangunan dalamPertumbuhan Ekonomi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa peran toko bangunan termasuk penting, akan tetapi lebih penting lagi jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang UKM dimana kontruksi atau toko bangunan juga masuk ke dalamnya.

Pada kenyataannya kemajuan UKM di Indonesia tentang UKM telah menempati beberapa bagian penting di Indonesia. Ada beberapa bagian pekerjaannya sebagai bagian vital dalam tindakan moneter, pemasok kesempatan kerja, pengembangan masyarakat dan ekonomi lokal, pencipta, dan pengembangan pasar, dan menambah peningkatan pengiriman nonmigas.

Secara garis besarnya dapat dikatakan bahwa selama ini penopang utama perekonomian yaitu sektor UKM termasuk konstruksi atau toko bangunan, hal tersebut dapat Anda lihat pada tahun 2017 terdapat 62,9 juta UKM, pada tahun 2018 mengalami meningkat menjadi 64,1 juta dan pada tahun 2019 menjadi 65,4 juta.

Selain ikut berperan, tentunya salah satu jenis UKM yang menyumbang perkembangan ekonomi di Indonesia yaitu UKM konstruksi atau toko bangunan. Hal tersebut terbukti dari adanya Pengamatan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa industri pembangunan Indonesia memiliki komitmen yang sangat besar terhadap PDB Indonesia. Contohnya saja dapat dilihat dari  triwulan kedua dari triwulan terakhir tahun 2018 usaha pembangunan memberikan kontribusi sebanyak 10,36 persen.

Selain itu, juga ada triwulan kedua dari triwulan terakhir pada tahun 2019 sebanyak 10,60 persen. Ditambah adanya  triwulan kedua dari triwulan terakhir pada tahun 2020 yang merupakan waktu tersulit akibat wabah pandemi akan tetapi bisnis pembangunan justru berkontribusi nyata terhadap 10,6 persen PDB. Pandemi yang memang  mengguncang usaha skala kecil seperti UKM yang menjadi garis terdepan perekonomian di Indonesia.

Dengan harapan penuh pada tahun 2021 industri kawasan pengembangan akan membuat komitmen positif terhadap PDB mencapai 10,7 persen, dimana UKM industri konstruksi termasuk toko bangunan dipandang mempunyai posisi paling tinggi di Indonesia.

Bahkan jumlah UKM konstruksi di Indonesia hampir mencapai 80%, sehingga dapat digolongkan UKM bidang konstruksi mempunyai  jumlah terbanyak di seluruh Indonesia.

Penggunaan website sebagai media promosi pun juga turut dimeriahkan oleh toko bangunan di Indonesia pada umumnya akan digunakan dalam berbagai bidang keuangan, termasuk membantu menyelesaikan pekerjaan, memberikan informasi kepada pembeli, pembelian, dan penjualan secara online.

Hal ini juga termasuk dalam memperbaiki meningkatkan pertumbuhan toko bangunan karena adanya perbaikan teknologi yang mengharuskan para pelaku bisnis untuk mengikuti semua perkembangan yang ada dalam mempertahankan bisnisnya. Dengan begitu, inovasi akan penciptaan tersebut juga akan diikuti dengan pesatnya perkembangan jaringan internet yang di Indonesia.

Perubahan perilaku belanja tersebut akan mendorong pesatnya perkembangan pusat komersial yang ada di Indonesia yang dapat mempengaruhi tingkat konsumen yang pada umumnya akan menyukai belanja melalui internet karena dipandang lebih layak dan bisa dilakukan kapanpun, termasuk transaksi pada toko bangunan.

Hal itu juga didukung dari adanya revolusi industri keempat yang dijunjung oleh digitalisasi merupakan jalan menuju perubahan modern di Indonesia termasuk toko bangunan. Sehingga,  pemanfaatan digitalisasi sangat penting untuk tujuan akhir guna memperluas keseriusan industri pembangunan publik.

Penyedia sekaligus grosir yang merupakan UKM termasuk toko bangunan untuk pengembangan yang dapat membantu untuk mengiklankan barang-barang sekaligus mengurangi biaya fungsional bisnis mereka. Untuk membuat sebuah produk mempunyai eksekusi baik, tentunya tidak dipisahkan dari cara memilih dan melaksanakan teknik pemeriksaan dan pengaturan.

Menentukan dengan teknik yang tepat memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam memberikan suatu struktur. Oleh sebab itu, konstruksi atau toko bangunan bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Rekomendasi Tempat Bahan Bangunan Terbaik

Tempat atau kumpulan toko bangunan terbaik dan terpercaya bisa Anda temukan di platform Ukur.com.  Ukur.com yang merupakan sebuah marketplace yang memiliki fokus  bidang konstruksi atau kumpulan toko bangunan yang didirikan dan dibentuk oleh Felix Demas Handoko pada tahun 2020.

Founder sendiri merupakan Felix Demas Handoko yang merupakan seorang pengusaha di bidang kontraktor interior sekaligus specialist di dunia digital marketing khususnya SEO. Dengan begitu, beliau  percaya bahwa dengan bantuan internet maka marketplace yang dibangunnya yaitu Ukur.com akan mengundang banyak traffic atau “online presence” yang dapat membantu dan berguna bagi banyak orang yaitu penjual maupun pembeli ataupun orang yang sekedar ingin mencari informasi.

Tujuan dari mendirikan Ukur.com sendiri yaitu sebagai marketplace konstruksi yang berawal dari banyaknya masalah yang ditemukan dengan konstruksi  seperti harga konstruksi yang terlalu tinggi karena banyaknya markup, banyaknya penengah atau broker di dunia konstruksi dan pembayaran yang cenderung lama di dunia konstruksi.  Hal tersebut akan terkena dampak paling parah yaitu tukang atau pekerja harian yang dibayar per hari ketika mereka bekerja, sehingga merekalah yang paling merasa beratnya ketika ada pemberi kerja yang curang.

Artinya padahal seharusnya penjual tangan pertama yang menikmati hasil keuntungan karena berjualan, akan tetapi di dunia konstruksi penjual tangan pertama cenderung dirugikan dan bisa jadi tidak dibayar juga dengan berbagai macam alasan dari pihak pemberi kerja.

Selain itu, juga mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi hal ini sejalan dengan apa yang sudah diatur dalam sistem tersebut  para penjual hanya perlu memikirkan nama, tidak perlu rumit memikirkan website, media sosial dan bahkan pemasaran. Pemilik toko bangunan  hanya perlu mempelajari cara-cara untuk mengupload produk, keterangan dalam penjualan yang perlu diisi, dan proses transaksi pembelian berlangsung di Ukur.com.