
PADANG ARO – Berbagai program kreatif, serta inovatif terus digulirkan Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Solok Selatan yang diketuai Ny. Hj. Suriati Muzni salah satunya melalui kelompok dasawisma.
“Dengan bergabung dalam kelompok dasa wisma, setiap keluarga anggota kelompok dasawisma akan memperoleh banyak manfaat, mulai dari pembangunan kesehatan, ekonomi dan berbagai kegiatan lain untuk membangun kesejahteraan keluarga,” kata Sekretaris TP PKK Solok Selatan Afrizal Amir usai membacakan sambutan Ketua TP PKK Solok Selatan Hj. Suriati Muzni pada acara pelatihan kelompok dasawisma tingkat kabupaten di Kecamatan KPGD , Selasa (5/9)
Kegiatan pelatihan yang akan dilakukan secara rood show ke setiap kecamatan, pembukannya di awali di Kecamatan KPGD dan dilanjutkan Sungai Pagu.
Hadir pada pembukaan pelatihan tersebut, Sekretaris TP PKK Solsel Afrizal Amir, Wakil Sekretris Martiusna, Ketua TP PKK Kecamatan KPGD, Ny. Neti Syahrul Munir, staf sekretariat TP PKK Solsel, dan pengurus TP PKK Kecamatan KPGD.
Pembekalan untuk ketua kelompok dasawisma ini, merupakan lanjutkan dari kegiatan yang sama pada tahun lalu. Namun karena adanya perubahaan pengisian belangko data warga sesuai dengan Rakernas VIII tahun 2015. Pelatihan pun kembali menjadi perhatian serius bidang program Sekretariat PKK Solok Selatan ini.
Akhir dari kegiatan ini, diharapkan kelompok dasawisma akan dapat melakukan upaya peningkatan kesehatan keluarga, membentuk kelompok arisan PKK, kelompok gotong royong, dan kegiatan mendaur ulang sampah menjadi kerajinan unik yang bermanfaat bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Terutama untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
“Dasa wisma merupakan ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan pemerintah sebagai mitranya,” tukuk Afrizal
Pelatihan kelompok dasawisma TP PKK Solok Selatan tahun 2017 ini dilaksanakan disetiap kecamatan dengan jumlah sasaran setiap kecamtan sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Ketua Kelompok Dasawisma dari setiap nagari dalam kecamatan. (*)