oleh

Tronton Tabrak Sejumlah Kendaraan, Satu Tewas

PADANG PANJANG – Kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa, terjadi lagi di jalan nasional yang menghubungkan Padang Panjang dan Bukittinggi, tepatnya di Jorong Bintungan Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, sekitar 400 meter dari gerbang Kota Padang Panjang. Peristiwa naas itu terjadi Jumat (4/10) sekira pukul 14.50 WIB.

Korban meninggal dunia bernama Supiyah (39), sedangkan Rahmatsyah (41) mengalami luka-luka berat. Keduanya merupakan penumpang truk tronton.

Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan beruntun ini adalah Colt Diesel Bpx BA 8904 AH, sepeda motor BA 6893 NE, sepeda motor BA 3539 NR, minibus jenis Avanz BA 1473 OK, Avanza 1398 NN, Bus pariwisata BA 7096 MU, dan sebuah mitsubishi L-300 BA 1971 WM. Sedangkan rumah yang ditabrak tronton adalah milik Atnawati (52).

Informasi yang dihimpun di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), kecelakaan bermula dari sebuah truk tronton dengan BK 9375 BL yang dikemudikan Sofyan Arif diduga mengalami rem blong. Truk roda sepuluh asal Medan tersebut bermuatan penuh pakan ikan, datang dari arah Bukittinggi.

Di penurunan tajam sejak dari Panyalaian menuju Padang Panjang, tiba-tiba saja laju kendaraan kian cepat, diduga lantaran remnya tak berfungsi lagi. Menyadari kecepatan kendaraannya sudah tak bisa dikendalikan lagi, sang sopir langsung melompat ke luar kendaraan. Sementara di atas mobil, ada dua orang penumpang asal Deli Serdang, Sumatera Utara.

Laju kendaraan semakin tak terkendali, hingga kemudian menabrak dua kendaraan roda empat lainnya dan sejumlah kendaraan roda dua. Truk tronton baru berhenti setelah terguling dan menabrak rumah warga. Pakan ikan pun berserakan di sekitar TKP.

Selain kerugian material dan korban jiwa, peristiwa itu pun menyebabkan arus kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang Panjang atau sebaliknya macet total, hingga kemudian petugas kepolisian dari jajaran Polres Padang Panjang turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi korban, pendataan, dan pengaturan arus lalu lintas dari kedua arah.

Untuk mengamankan TKP dan mengatur arus lalu lintas, sejumlah petugas kepolisian terlihat berjibaku di lapangan. Sementara untuk mengetahui penyebab kecelakaan, Satlantas Polres Padang Panjang masih melakukan olah tempat kejadian peristiwa.

“Truk datang dari arah Bukittinggi tujuan Padang. Petugas kami sedang melakukan pendataan di lapangan. Nantilah, keterangan rinci terkait korban dan kejadian akan kami sampaikan,” kata Kasatlantas Polres Padang Panjang Iptu Bazaliel Mendrofa.(mus)

Loading...

Berita Terkait