Tak Berkategori  

Tujuh ABK yang Disandera dalam Kondisi Baik

Retno Marsudi (net)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menyampaikan pihaknya telah mendapat kabar bahwa tujuh anak buah kapal (ABK) Indonesia yang disandera oleh kelompok bersenjata di wilayah perairan Filipina selatan masih dalam keadaan baik.

“Sejak pernyataan terakhir pada Jumat 24 Juni lalu, komunikasi dan koordinasi terus dilakukan secara intensif dengan berbagai pihak di Indonesia maupun di Filipina. Dari hasil komunikasi dan koordinasi diperoleh informasi bahwa tujuh ABK WNI dalam keadaan baik,” kata Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa (28/6/2016) seperti dikutip dari antara.

Menlu RI menjelaskan, ketujuh ABK sebelumnya dikabarkan disandera oleh dua kelompok yang berbeda, namun berdasarkan perkembangan informasi, saat ini para sandera ABK sudah berada di dalam satu kelompok.

“Namun, mereka (para ABK yang disandera) terkadang dipindahkan dan dipecah dalam dua kelompok. Kelompok penyandera masih terus berpindah dan diperkirakan masih di sekitar Pulau Jolo,” ungkap dia.

Menlu Retno mengatakan, pihak Kemlu RI terus menyampaikan perkembangan informasi mengenai keadaan yang dialami para ABK yang disandera kepada keluarga. (*/lek)