Tak Berkategori  

Tuntut Bantuan Biaya Operasional, Guru PAUD Demo ke DPRD Padang Pariaman

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG PARIAMAN – Puluhan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Padang Pariaman melakukan aksi unjuk rasa ke kantor DPRD setempat, menuntut penambahan bantuan biaya operasional yang masih minim dari pemerintah setempat.

“Kami merasa kurang mendapat perhatian dari Dinas Pendidikan, padahal PAUD merupakan pilar penting dalam membangun generasi muda bangsa,” kata koordinator aksi unjukrasa, Binjai Chan di depan kantor DPRD setempat, Sabtu (21/11.

Ada beberapa PAUD di Padang Pariaman yang menggratiskan semua biaya pendidikan tanpa pungutan tambahan kepada orang tua murid. Malahan anak didik diberikan bantuan perlengkapan sekolah seperti baju seragam, alat tulis pensil, penghapus, buku tulis dan lainnya.

“Para guru PAUD sudah berkorban waktu dan tenaga untuk anak kurang mampu di daerah itu, tapi Pemkab Padang Pariaman malah tidak memberikan bantuan yang cukup untuk operasional pendidikan PAUD,” katanya.

Karena itu para guru PAUD ini menuntut DPRD Padang Pariaman agar menganggarkan biaya operasional sekolah, mereka diakomodasi dalam APBD 2016.

Selama ini para guru PAUD mengakali sendiri untuk menutupi biaya operasional sekolah yang mencapai ratusan juta rupiah per tahun dengan berutang ke sana-sini.

“Saya bahkan menyisihkan uang hasil usaha dari fee penjualan koran demi membantu biaya operasional PAUD tempat saya mengajar,” ujarnya.

Ia meminta DPRD Padang Pariaman mencarikan solusi terkait permasalahan pendanaan sekolah PAUD yang saat ini banyak tersebar di daerah tersebut.

Sementara Ketua DPRD Padang Pariaman, Faisal Arifin mengatakan akan menampung semua aspirasi dan tuntutan yang disampaikan para guru PAUD tersebut.(aci)

sumber:antara