Tak Berkategori  

UBH Buka Penjaringan Bakal Calon Rektor Periode 2020-2024

Ketua Badan Pengurus YPBH Masri Hasyar saat memberikan keterangan terkait pendaftaran bakal calon Rektor UBH.(ist)

PADANG – Universitas Bung Hatta (UBH) Padang resmi membuka pendaftaran bakal calon Rektor periode 2020-2024. Kabar itu diumumkan Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta (YPBH) Masri Hasyar kepada di Kampus I UBH, Jalan Sumatra, Ulak Karang, Padang, Selasa (21/1).

“UBH mencari figur yang mampu memberikan perubahan. Figur itu adalah yang bisa meneruskan pekerjaan yang ada saat ini dan juga yang mampu berkompetisi serta menciptakan lulusan berkualitas, ” katanya.

Dikatakan Masri Hasyar, untuk pelaksanaan seleksi calon rektor, YPBH telah menunjuk ketua panitia seleksi yaitu Prof. Nizwardi Jalinus yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua II Bidang Pengurus YPBH.

“Seleksi calon Rektor UBH terbuka bagi dosen yang memenuhi syarat. Syarat utama adalah dosen tetap yang memiliki gelar minimal doktor atau S3 dan kalau guru besar lebih baik. Untuk masa kerja 10 tahun untuk dosen UBH dan 15 tahun untuk dosen perguruan tinggi lainnya,” katanya.

Ditambahkan Masri Hasyar, selama memimpin UBH, rektor definitif akan mendapatkan fasilitas berupa kendaraan dinas, gaji pokok dan tunjangan. Untuk hal-hal lainnya akan diatur secara bersama-sama.

“Bicara soal syarat tambahan, bakal calon diharapkan pernah menjabat sebagai minimal wakil dekan untuk UBH dan mantan Dekan perguruan tinggi lainnya. Rektor terpilih nantinya, harus bersedia menulis dan meyerahkan pokok pikiran secara tertulis. Semoga yang terpilih adalah figur terbaik,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Pjs. Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Hendra Suherman mengungkapkan bahwa saat ini di UBH tercatat sebanyak 103 dosen bergelar doktor dan 5 profesor.

“Semua punya kesempatan, dalam jadwal yang telah disusun, ditargetkan pada tanggal 26 Februari 2020 mendatang telah terpilih rektor definitif. Semoga proses penjaringan berjalan lancar dan diikuti banyak kandidat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia seleksi calon Rektor UBH, Prof. Nizwardi Jalinus menjelaskan pendaftaran secara remi telah dibuka sejak 21 hingga 27 Januari 2020.

“Pendaftaran bakal calon rektor digelar selama satu minggu kedepan untuk jadwal dan syarat bisa diakses pada situs resmi yaitu bunghatta.ac.id. Setelah itu seleksi administratif dan tes psikologi dilaksanakan pada 28 dan 29 Januari,” ungkapnya. (rahmat)