Tak Berkategori  

UBH Fasilitasi Mahasiswa Bekerja di Jepang

PADANG – Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta kini bisa bekerja di Jepang atas fasilitasi kampusnya. Mereka yang berada pada semester akhir bisa mengikuti serangkaian seleksi, ikut pelatihan perhotelan selama tiga bulan, menamatkan kuliah dan bersabar menanti pengurusan perizinan kerja di sana.

Satu diantaranya sudah bekerja awal Juli ini dan akan menyusul dua orang lagi dalam waktu dekat. Lulusan yang telah diterima bekerja itu bernama Rudolfo dan telah berangkat ke Jepang pada 30 Juni lalu. Rudolfo bakal bekerja disana dalam waktu lima tahun dan akan diperpanjang berdasarkan evaluasi manajemen FET Syistem Inc.

“Alhamdulillah, mahasiswa semester akhir di Sastra Jepang kini bisa merajut mimpi untuk bekerja di Jepang. FET System Inc yang membawahi 38 hotel berbintang di Negeri Sakura itu akhirnya menerima lulusan kita bekerja di perusahaan mereka, dan mempercayakan rekrutmennya pada kita,” ujar Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Dr. Diana Kartika.

Dikatakan Diana, cukup panjang penantian mereka hingga FET System Inc merekrut mahasiswanya. Butuh waktu dua tahun sejak proses seleksi dilakukan. Dari puluhan mahasiswa yang ikut, hanya 11 orang yang lulus seleksi wawancara kerja yang dilaksanakan FET System pada 2015 lalu. Seleksi wawancara langsung dilakukan oleh President & CEO FET System Inc Hiroshi Nakamura.

Akhirnya, tiga diantaranya sudah diminta mengirimkan ijazah asli untuk proses peirizinan dan satu telah dipastikan bekerja di sana untuk jangka waktu lima tahun.

Proses seleksi dilakukan saat Diana masih menjabat Ketua Jurusan Sastra Jepang. Mereka yang lulus diikutkan dalam pelatihan perhotelan yang dikerjasamakan dengan SMK 9 Padang.

“Saya sangat bersyukur, apa yang telah diinisiasi dulu telah dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa kami. Mereka kini terbuka matanya bahwa semua butuh proses. Apalagi izin tenaga kerja asing di Jepang sangat ketat. Ini kerjasama perdana pula,” ujarnya.

Akhirnya penantian panjang yang sangat membebani hati dan pikiran Diana tersebut berbuah manis. Rudolfo yang telah lulus setahun lalu, dan telah berupaya melamar kerja di berbagai perusahaan Jakarta membangun impiannya di Jepang. (zulfadli)