oleh

UNBK Belum dapat Diterapkan Tahun Ini di Mentawai

ilustrasi (net)

TUA PEJAT – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada akhir tahun ajaran 2017/2018 belum bisa diterapkan. Penyelenggaraan ujian nasional tingkat SMP pada tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Qamaisir di ruang kerjanya, Jumat (16/3). Dia menyebutkan, hingga kini, ketersediaan jaringan internet di sekolah-sekolah masih menjadi faktor utama belum terselenggaranya UNBK di Mentawai.

“Tahun ini ujian nasional masih menerapkan UNKP, belum UNBK. Masalahnya adalah karna belum mempunyai jaringan yang memadai untuk itu,” tukas Qamaisir.

Tak dapat dipungkiri, Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebagai daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) merupakan satu-satunya yang belum menerapkan UNBK di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Untuk itu, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai akan berupaya dapat menerapkan UNBK, seperti di kabupaten/kota lainnya, pada 2021 mendatang, lebih tepatnya pada tahun ajaran 2020/2021.

“Kami akan coba 2021 minimal, kita sudah UNBK. Di beberapa kabupaten/kota memang mereka belum menerapkan di setiap sekolah, tapi setidaknya sudah ada beberapa sekolah dan itu jumlahnya tahun ke tahun selalu meningkat, beda dengan kita, belum satupun,” paparnya.

Selain jaringan, keterbatasan sarana seperti komputer dan listrik, juga menjadi penyebab UNBK di Mentawai belum dapat terselenggara, meskipun di SMP-SMP sudah memiliki mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Komputer ada, tapi tidak banyak, cuma mungkin sekedar untuk memberikan mata pelajaran TIK untuk anak-anak. Demikian juga listrik, belum semua SMP yang memiliki listrik PLN. Tapi yang namanya server atau perangkat yang digunakan untuk UNBK itu belum ada,” imbuhnya. (ricky)
 

Loading...

Berita Terkait