Universitas Andalas Kukuhkan Dua Guru Besar

Suasana sebelum pengukuhan dua guru besar, di Convention Hall Unand, Selasa (15/5). (givo alputra)

PADANG – Universitas Andalas (Unand) mengukuhkan dua guru besar, di Convention Hall Unand, Selasa (15/5). Keduanya adalah Profesor Abdul Hakam sebagai guru besar di bidang Teknik Elektro, dan Profesor Refdinal Nazir selaku guru besar bidang teknik Sipil.

“Saya berharap dua guru besar baru ini bisaenjadi motivator bagi pengajar lainnya, untuk memacu diri agar kelak menjadi guru besar pula,” ujar Rektor Unand Tafdil Husni.

Tafdil juga berharap, dua guru besar itu untuk tidak cepat puas atas capaian akademik yang diraih.

Dalam agenda pengukuhan kedua guru besar itu, masing masing dari mereka menyampaikan orasi ilmiah secara terbuka di depan majelis.

Prof. Abdul Hakam menyampaikan orasi ilmiah berjudul Deteksi Dini Bahaya Likuifaksi untuk Mitigasi Bencana.

“Keilmuan Prof. Abdul Hakam bermanfaat bagi masyarakat dalam perkembangan mitigasi kebencanaan. Apalagi Sumbar merupakan daerah yang sangat rawan bencana. Kami berharap ilmu Prof Abdul Hakam dapat bermanfaat untuk memunculkan inovasi bary dalam mitigasi dan membantu pemerintah dalam penanganan bencana,”ujar Rektor.

Sedangkan Prof. Refdinal Nasir sebagai guru besar Ilmu Teknik Elektro menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul Pengembangan Pembangkit Listrik Tersebar (DG) Dan Mikrogrid Menuju keberlanjutan Dan Kemendirian Penyediaan Energi Listrik.

Keilmuan ini diharapkan dapat membantu perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam mengembangkan program dan memudahkan pelayanan listrik kepada masyarakat. (gv)

 

Loading...