oleh

Universitas Prasetiya Mulya Hadirkan S1 Hospitality Business 

PADANG – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, dengan keelokan alam dan budaya yang menarik untuk di eksplorasi. Supaya gaung pesona Nusantara terdengar di telinga wisatawan, Pemerintah Indonesia memilih sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional. Lahirnya berbagai destinasi baru disertai pengembangan infrastruktur pendukung menjadi bukti nyata kesiapan negara untuk menyambut kedatangan para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Sebagai dukungan terhadap program pemerintah, Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan pendidikan manajemen pariwisata dan bisnis melalui S1 Hospitality Business. Jurusan ini berada di area ilmu program studi Tourism Business bersama jurusan S1 Event.

Yudho Hartono, M.M. selaku Kepala Progam Studi Tourism Business menjelaskan, “Hospitality Inovator adalah karakteristik lulusan dari program S1 Hospitality Business. Para lulusan diharapkan mampu menjadi pemain penting di industri pariwisata di masa yang akan datang”. Mahasiswa S1 Hospitality Business Prasetiya Mulya dibimbing untuk mendalami manajemen industri service mulai dari hotel, restoran, theme park, mall atau pun potensi destinasi wisata lainnya.

Menariknya, mereka diberikan kesempatan untuk menguasai kemampuan operasional (manajemen room division, operasional food and beverage, introduction to services dan fundamental tourism) hingga mampu mengelola kompleksitas level manajerial (strategi bisnis, keuangan, pemasaran, akuntansi dan sumber daya manusia). “Pembelajaran yang menekankan pada kemampuan untuk memecahkan masalah dan menggunakan pendekatan-pendekatan kreatif sebagai sebuah solusi pemecahan permasalahan di industri yang dipadukan dengan serangkaian projek-projek di mata kuliah yang dapat memperkaya portfolio profil lulusan dari program ini,” jelas Yudho Hartono.

Hadirnya fasilitas Laboratorium Food Production dan Mock Up Room & Hotel Laboratory juga akan semakin menunjang melengkapi pembelajaran praktikal bagi Prasmulyan. “Memahami operasional lapangan hingga mengelola pengalaman yang kompleks di industri hospitality menjadi gambaran simulasi pendidikan di program ini. Diperkaya workshop-workshop yang dapat menambah kemampuan dan skill mahasiswa serta pembentukan attitude mahasiswa yang dapat berguna untuk menjadi inovator di industri ini di masa yang akan datang,” pungkas Yudho Hartono.

Dengan komprehensifnya proses pembelajaran di Prasmul, mahasiswa S1 Hospitality Business sudah berhasil meraih pengahargaan di skala nasional maupun internasional. Salah satunya Lisabel Lim bersama 3 rekannya dari jurusan berbeda berhasil meraih 3 medali pada ajang AFECA Asian MICE Youth 2019, Manila, Taiwan. Menamai kelompoknya ‘Arutala’, mereka unggul sebagai Champion, Best Powerpoint Presentation, dan Most Popular Team Award dari 14 kelompok peserta dari 8 negara.

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri pariwisata akan menjadi pilihan karir dan bisnis yang menjajikan untuk generasi muda. Beberapa contoh lapangan pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan S1 Hospitality Business adalah Corporate Chef yaitu pimpinan area kitchen dengan kehandalan strategi penyajian makanan dan minuman, bekerja dalam skala besar seperti perusahaan hospitality, rantai fast-food, atau makanan pesawat. Tak melulu memegang spatula, lulusan juga dapat bekerja sebagai F&B Consultant yang melayani para investor yang ingin mengembangkan bisnis restoran. Food Ingredient Manufacture, pemegang rahasia dibalik resep-resep instan di restoran cepat saji. Begitu juga, International Chain Account dan Local Chain Account yang fokus pada ekspansi bisnis ornamen-ornamen wisata.

Tunggu apalagi segera daftar dan jadilah pemain penting di industri pariwisata Indonesia masa depan dengan bergabung dengan S1 Hospitality Business Universitas Prasetiya Mulya. Untuk pendaftaran kunjungi prasmul.link/pendaftarans1. Pendaftaran Kota Padang akan ditutup pada 26 November 2019. Pelaksanaan tes seleksi pada 1 Desember 2019 di SMAN 1 Padang. (rel)

Loading...

Berita Terkait