ekonomi

Update Harga BBM Pertamina Terbaru, Senin 12 Februari 2024

×

Update Harga BBM Pertamina Terbaru, Senin 12 Februari 2024

Sebarkan artikel ini
Update Harga BBM Pertamina Terbaru Hari Hal ini adalah Hari Mulai Pekan 12 Februari 2024

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) telah mengumumkan bahwa tidak akan ada perubahan dalam nilai tukar jual untuk komponen bakar minyak (BBM) pada bulan Februari 2024. Keputusan ini berlaku untuk produk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Green 95, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, menjelaskan bahwa keputusan untuk mempertahankan biaya Pertamax Series dan Dex Series pada bulan Februari ini diambil setelah evaluasi berkala sesuai dengan formula penetapan harga jual yang diatur dalam Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi tarif JBU atau BBM non-subsidi.

“Iya, memang benar bahwa harga BBM non-subsidi dievaluasi secara berkala, baik untuk kenaikan tarif, penurunan biaya, maupun penyesuaian lainnya, yang semua ini dipertimbangkan oleh seluruh badan bisnis sesuai dengan regulasi yang berlaku,” jelas Irto.

Adapun harga BBM non-subsidi pada saat ini adalah sebagai berikut: Pertamax seharga Rp 12.950 per liter, Pertamax Green 95 seharga Rp 13.900 per liter, Pertamax Turbo seharga Rp 14.400 per liter, Dexlite seharga Rp 14.550 per liter, dan Pertamina Dex seharga Rp 15.100 per liter. Harga-harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak material bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%.