Portal Berita Terkini Sumatera Barat
Riau  

UPT VI PUPR Riau Tangani Ruas Jalan Rokan – Batas Sumbar

PEKANBARU – Dinas PUPR Riau melakukan penanganan fungsional dibeberpa titik jalan yang masih belum berlapis permukaan. Lokasinya berada di ruas Rokan – Batas Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Desa Kubang Buaya, Tibawan dan Banjar Datar.

Pekerjaan fungsional ruas jalan tersebut dilakukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah VI, Dinas PUPR-PKPP Riau. Hal ini agar jalan tersebut tetap fungsional saat musim hujan.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan melalui Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah VI, Ferry Yunanda mengatakan, penangan ruas jalan tersebut dilakukan dengan menambahkan urugan pilihan (urpil) pada jalan tanah.

Lokasi ruas jalan itu merupakan jalur logistik menghubungkan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dengan Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumbar.

“Penanganan urpil ini hanya bersifat sementara sambil menunggu penangan permanen oleh Bidang Bina Marga pada tahun 2024,” kata Ferry, Senin (18/9/2023).

Namun, lanjut Ferry Yunanda, dengan adanya penanganan ruas jalan tersebut, maka dapat memperlancar aksebilitas kendaraan yang menghubungkan dua provinsi tersebut.

Apalagi, kata dia, saat ini musim hujan, maka penanganan diharapkan akan menjaga fungsional jalan.

“Sejauh pantauan kami kondisi ruas jalan Rokan – Batas Sumbar saat ini sudah lancar , beberapa kendaraan transportasi umum sudah mulai beroperasi dengan reguler, begitu pula kendaraan yang membawa logistik baik dari Riau maupun dari Sumbar,” tukasnya.(Mediacenter Riau/amn)