Tak Berkategori  

Viostin DS Mengandung DNA Babi Bukti Lemahnya Kontrol Pengawasan Produk Suplemen

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

PRODUK suplemen makanan Viostin DS positif mengandung DNA babi. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta produsennya menarik barang itu agar tidak merugikan masyarakat.

Tak hanya suplemen tersebut, tablet Enzyplex juga mengandung DNA babi. Temuan ini diviralkan karena surat dari Balai Besar POM di Mataram kepada Balai POM di Palangka Raya tentang hasil pengujian dua produk tersebut.

Produk Viostin DS milik PT Pharos Indonesia dengan nomor izin edar (NIE) POM SD.051523771 nomor bets BN C6K994H. Sementara untuk tablet Enzyplex produksi PT Medifarma Laboratories dengan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101.

Dikutip situs resmi BPOM, Kamis (1/2/2018), produk tersebut sudah dipasarkan lama yang banyak diminati masyarakat. Tapi berdasarkan pengawasan dengan pengambulan sampel obat, ternyata mengandung DNA babi.

Sebagai antisipasi, BPOM meminta produsen untuk menghentikan pembuatan suplemen tersebut. Serta untuk produk yang sudah beredar, wajib segera ditarik dari pasaran.

Saat ini BPOM mengambil langkah pemantauan dan mengawal penarikan produk tersebut. Karena perusahaan juga dianggap curang karena tidak mencantumkan kandungan DNA hewan tersebut di labelnya. (aci)